Cara Ampuh Mengobati Hernia Nukleus Pulposus Atau Saraf Kejepit

Cara Mengobati Hernia Nukleus Pulposus – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Hernia Nukleus Pulposus. Tahukah Anda, apa itu Hernia Nukleus Pulposus? Berikut admin akan menjelaskan informasi selengkpanya mengenai penyebab, gejala dan cara mengobati Hernia Nukleus Pulposus.

cara mengobati Hernia Nukleus Pulposus

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Hernia Nukleus Pulposus

Apa itu Hernia Nukleus Pulposus ?

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau saraf terjepit adalah suatu kondisi dimana bantalan atau cakram tulang rawan dari tulang belakang menonjol keluar kemudian menjepit saraf.

Pada umumnya penyakit ini sering menyerang seseorang yang berusia 30-50 tahunan, dan kebanyakan penderita HNP adalah pria. Pria diketahui beresiko 2 kali lipat terkena HNP dibandingkan dengan wanita. Hernia Nukleus Pulposus atau saraf kejepit umumnya sering terjadi pada punggung bagian bawah.

Apa Sajakah Penyebab Hernia Nukleus Pulposus?

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau saraf kejepit dapat terjadi ketika lingkaran jaringan ikat yang mengelilingi cakram tulang mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan pada cakram ini masih belum diketahui secara jelas, namun usia bisa menjadi penyebab umum dalam kasus kerusakan cakram.

Selain karena faktor usia, berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan Hernia Nukleus Pulposus (HNP), diantaranya:

  • Melakukan olahraga berat seperti angkat besi.
  • Obesitas atau berat badan berlebih.
  • Duduk terlalu lama.
  • Sering mengangkat beban yang berat.
  • Terjadinya kecelakaan yang melukai bagian tulang belakang.
  • Merokok.

Apa Saja Gejala Yang Akan Dirasakan Oleh Penderita?

Pada dasarnya tidak semua Hernia Nukleus Pulposus (HNP) akan menimbulkan gejala. Namun gejala umum yang sering dirasakan penderita biasanya berupa nyeri pinggang dan nyeri leher. Adapun gejala lain yang biasanya sering dikeluhkan oleh penderita, yaitu:

  • Tubuh merasa lemah.
  • Nyeri yang dirasakan pada bagian bokong, kaki, dan paha.
  • Kesemutan dan kaku pada beberapa anggota tubuh. Biasanya hal ini terjadi di area sekitar bahu, tangan, punggung, kaki dan tungkai.

Pengobatan Hernia Nukleus Pulposus

Pengobatan HNP dapat bervariasi dan disesuaikan dengan keparahan gejala yang dialami penderitanya. Adapun berikut cara mengobati hernia nukleus pulposus yang disarankan oleh dokter mulai dari obat-obatan, terapi, hingga operasi.

Cara Mengobati Hernia Nukleus Pulposus dengan obat-obatan

Berikut adalah beberapa jenis obat-obatan yang dapat disarankan oleh dokter:

  • Obat penenang otot. Dokter akan memberi resep obat ini bagi pasien yang mengalami kejang otot.
  • Obat pereda nyeri. Jika kondisi yang Anda alami terbilang ringan, maka Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri otot seperti paracetamol, ibuprofen, dan naproxen.
  • Obat antikonvulsan. Selain digunakan untuk mengontrol kejang, obat ini juga dapat digunakan sebagai perda nyeri pada saraf yang terjepit.
  • Obat opinoid. Penggunaan obat ini diresepkan pada pasien yang terus mengalami nyeri yang hebat walaupun telah mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.
  • Obat kortikosteriod oral. Dokter akan meresepkan obat kortikosteriod oral jenisprednisone atau methylprednisolone pada beberapa kasus HNP tertentu. Obat ini ditujukan untuk meredakan peradangan dan pembengkakan.
  • Suntikan kortikosteroid. Suntikan yang memiliki sifat anti inflamsi ini umumnya diberikan secara langsung pada titik saraf yang mengalami masalah.

Cara Mengobati Hernia Nukleus Pulposus dengan Terapi

Penderita Hernia Nukleus Pulposus juga dapat melakukan pengobatan alternatif dengan cara terapi secara rutin. Adapun berikut adalah beberapa jenis terapi untuk menyembuhkan Hernia Nukleus Pulposus.

  • Terapi Akupuntur

Jenis terapi yang berasal dari tiongkok ini merupakan salah satu pengobatan alternatif untuk mengobati HNP atau saraf kejepit. Terapi ini menggunakan beberapa jarum yang ditusukan di beberapa titik yang tersebar di seluruh tubuh. Pengobatan dengan terapi akupuntur dipercaya dapat mengobati HNP, namun Anda harus rutin melakukan terapi ini agar saraf terjepit dapat mereda dan akhirnya sembuh.

  • Terapi Pijat Tradisional

Alternatif pengobatan HNP dengan terapi pijat ini banyak diminati oleh kebanyakan orang, karena pemijatan ini selain tidak mengeluarkan banyak uang juga tak mengharuskan penderita HNP untuk mengkonsumsi obat-obatan. Penderita HNP sangat disarankan untuk melakukan pemijatan ini beberapa kali dan secara bertahap agar HNP dapat segera sembuh maksimal.

  • Terapi Pijat Refleksi

Terapi ini hampir sama dengan terapi pijat urut. Namun yang membedakannya terapi jenis ini menggunakan teknik pemijatan langsung pada sumber bagian titik saraf yang terjepit. Pasien akan disarankan melakukan terapi pijat refleksi ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Pencegahan Hernia Nukleus Pulposus

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau saraf kejepit dapat dicegah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Menjaga berat badan. Anda harus menjaga berat badan supaya tetap ideal, karena kelebihan berat badan atau obesitas akan membebani tulang punggung sehingga pengikisan tulang akan terjadi lebih cepat.
  • Olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang berfungsi untuk menguatkan tulang, otot dan sendi.
  • Menjaga poster tubuh. Usahakan Anda untuk duduk dengan postur yang tegak.
  • Hindari kebiasaan merokok. Rokok mengandung zat nikotin yang dapat melemahkan jaringan bantalam atu cakram pada tulang punggung.

Demikianlah informasi seputar penyebab, gejala dan cara mengatasi hernia nukleus pulposus. Semoga apa yang telah admin sampaikan diatas bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: