Cara Mengobati Hematoma

Cara mengobati hematoma – www.jamuwalatra.com-, Anda menemukan kemerahan di tubuh? Orang-orang awam mengenal kondisi ini sebagai lebam, memar atau biru pada kulit. Namun sebenarnya ini adalah kondisi hematoma. Lalu apa itu hematoma? Apakah berbahaya? Simak informasi selengkapnya.

Cara Mengobati Hematoma, Gejala dan Penyebabnya

cara mengobati hematoma

Hematoma adalah sekumpulan darah tidak normal diluar pembuluh darah. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh manapunn misalnya pada rongga kepala, dibawah kuku jari atau didalam cuping telinga dengan variasi ukuran yang berbeda dari yang kecil hingga berukuran besar. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan, nyeri dan kemerahan dan umumnya terjadi pada wanita dibandigkan dengan pria.

Normalnya, pembuluh darah dalam tubuh memperbaiki diri sehingga dapat mengatasi luka kecil dengan membentuk bekuan darah. Namun jika luka nya besar dan tekanan pada pembuluh darah meningkat, kebocoran darah akan terjadi dan hematoma akan meluas.

Apa penyebab hematoma ?

Pada umumnya, hematoma disebabkan karena terjadinya kecelakaan, terjatuh, terbentur, terkilir, patah tulang, luka tembak atau bersin yang terlampau kelas.

Adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami hematoma seperti aneurisma atau adanya tonjolan dan pelebaran tidak normal pada pembuluh darah, penggunaan obat-obatan, dan adanya penyakit tertentu yang menyebabkan turunya jumlah trombosit atau hilangnya fungsi trombosit seperti infeksi virus dan anemia aplastik.

Apa gejala hematoma ?

Hematoma dapat menyebabkan iritasi dan peradangan. Gejalanya akan berbeda tergantung pada lokasi dan ukuran, pembengkakan. Namun pada umumnya gejala yang muncul berupa :

  • Pembengkakan pada area hematoma
  • Area hematoma berwarna merah keunguan, terasa hangat dan nyeri.

Cara mengobati hematoma

Secara alamiah, hematoa akan sembuh dengan sedirinya dalam waktu 2-4 minggu tergantung pada luas dan kondisi hematoma. Supaya hematoma tidak meluas dan cepat hilang, hematoma dapat dikompres dengan air dingin atau air es. Semantara itu, jika hematoma disebabkan oleh penyakit ITP, dokter akan memberikan steroid untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik terutama pada area lokasi hematoma untuk mendiagnosis hematoma yang terjadi. Pemeriksaan CT scan akan dilakukan jika hematoma terletak pada perut atau pada otak. Hematoma intrakranial yang meluas terkadang perlu ditangani dengan operasi untuk mengeluarkan darah dengan membuka tulang tengkorak atau kraniotomi.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan lalu menimbulkan komplikasi seperti adanya iritasi pada jaringan tubuh, infeksi dan kerusakan otak permanen yang menyebabkan kelumpuhan dan penurunan kesadaran.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda. Jika berkenan silahkan untuk bagikan di media sosial anda dan jangan lupa untuk masukan, kritik dan saran anda pada kolom komentar.

Tags: