Cara Mengobati Esofagitis – Mengenal Penyebab serta Gejalanya

Cara Mengobati Esofagitis-, Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang mana merupakan situs resmi yang akan menyampaikan berbagai macam informasi terkait kesehatan serta merupakan agen penjualan obat berbasis herbal terpercaya di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi terkait cara mengobati esofagitis,lengkat berikut penyebab dan gejalanya,yang mungkin belum anda ketahui.

cara mengobati esofagitis

Cara Mengobati Esofagitis

Esofagitis adalah peradangan yang terjadi pada esofagus atau yang kerap disebut dengan kerongkongan. Esofagitis ini mampu merusak jaringan-jaringan yang terdapat di esofagus.

Esofagitis ini akan menimbulkan rasa sakit serta menyulitkan anda ketika menelan,sariawan,dan sakit di bagian dada. Dari beberapa kasus yang terjadi,esofagitis ini dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada saluran kerongkongan,hal sepert ini merupakan salah satu faktor risiko dari kanker kerongkongan. Komplikasi semacam ini dapat saja terjadi apabila esofagitis di biarkan begitu saja atau tidak segera ditangani.

Faktor Penyebab Terjadinya Esofagitis

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya esofagitis,diantaranya :

  • Esofagitis refluks merupakan peradangan mukosa esofagus yang diakibatkan oleh refluks cairan lambung atau yang biasa disebut dengan duodenum esofagus. Asam lambung bisa saja berbalik dari lambung ke kerongkongan yang menyebabkan infeksi atau iritasi kerongkongan.
  • Esofagitis Eosifilik merupakan suatu kondisi yang ditandai tingginya konsebtrasi sel darah putih pada kerongkongan. Kondisi seperti ini biasanya dapat menyerang orang yang memiliki alergi pada makanan atau alergi degu
  • Esofagitis infeksi yang terjadi akibat infeksi bakteri,virus atau jamur pada jaringan kerongkongan,terutama bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.
  • Esofagitis Induksi obat. Terdapat beberapa jenis obat seperti kalium klorida,antibiotik atau obat peresa untuk nyeri yang dapat mengakibatkan rusaknya jaringan kerongkongan (esofagus) apabila bersentuhan dengan lapisan kerongkongan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini biasanya terjadi karena kebiasaan menelan obat tanpa air.

Gejala Esofagitis

Esofagitis juga memliki beberapa gejala yang diantaranya :

  • Nyeri pada uluh hati
  • Nyeri atau sulit menelan
  • Nyeri pada dada (terutama bagian belakang pada saat makan atau menelan)
  • Makanan yang ditelan akan tersangkut dalam kerongkongan

Apabila esofagitis terjadi pada anak-anak atau bayi,mereka akan kesulitan saat menelan termasuk ASI,apabila dibiarkan begitu saja akan menghambat pada tumbuh kembang anak.

Diagnosis

Cara Mengobati Esofagitis-, Esofagitis dapat terdiagnosis dengan dilakukannya wawancara medis serta pemeriksaan secara fisik. Pasien akan mengeluhkan rasa sakit dan sulit ketika menelan,nyeri pada bagian uluh hati atau terasa seperti ada yang mengganjal ketika hendak menelan makanan. Pada pemeriksaan fisik akan didapatkanya nyeri pada uluh hati saat di tekan.

Pemeriksaan lainnya adalah pemeriksaan teropong saluran cerna pada bagian atas,pemeriksaan ini dilakukan untuk menunjang esofagitis. Pada saluran cerna ini akan terdapat lesi kemerahan pada mukosa kerongkongan atau esofagus.

Apabila penyebabnya karena infeksi jamur,maka dapat terlihat plak keputihan pada kerongkongan. Sedangkan esofagitis akibat bahan korosif,lumen kerongkongan akam mengalami penyempitan.

Cara Mengobati Esofagitis

Esofagitis ditangani tujuannya untuk meredakan gejala,mengurangi terjadinya komplikasi dan mengobati penyebabnya. Pengobatan esofagitis juga tergantung pada faktor penyebabnya masing-masing,seperti :

  • Esofagitis Refluks. Akan diobati atau ditangani dengan cara pemberian obat-obatan seperti antasida,ranitidine,cimetidine atau obat berdasarkan resep seperti dexlansoprazole,rabeprazole,pantoprazole,omeprazole,lanzoprazole,serta esomeprazole. Apabila perlu dilakukannya tindakan operasi atau pembedahan hal itu akan di lakukan untuk memperbaiki kondisi kerongkongan atau esofagus.
  • Esofagitis infeksi. Dokter yang menangani gejala anda akan memberikan resep obat untuk mengatasi infeksi bakteri,jamur,virus,ataupun parasit yang menyebabkan terjadinya esofagitis.
  • Esofagitis Induksi Obat. Pada kondisi ini,biasanya penanganan yang pertama dengan cara menghindari untuk mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan esofagitis,dan juga mengganti teknik untuk konsumsi obat.
  • Esofagitis Eosinofilik. Dokterk biasanya akan memeberikan saran kepada pasien yang menderita esofagitis jenis ini untuk dapat menghindari apa yang menyebabkan terjadinya alergi,serta memberikan obat agar dapat mengurangi reaksi alergi.

Sekian pemaparan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tentang cara mengobati esofagitis lengkap beserta penyebab dan gejalanya. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda terkait masalah kesehatan. Salam Sehat !

Tags: