Cara Mengobati Brucellosis

Cara Mengobati Brucellosis Gejala dan Penyebabnya – Selamat datang kembali di www.jamuwalatra.com situs yang menyediakan informasi mengenai kesehatan, berbagai penyakit serta mengatasinya. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara mengobati brucellosis. Lalu apa itu brucellosis ?

Brucellosis adalah penyakit infeksi Bakteri brucellosis yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Brucellosis pada manusia disebarkan dari hewan ke manusia melalui konsumsi susu, terutama susu yang tidak dipasteurisasi dari hewan yang terinfeksi. Pada kasus yang langka, bakteri brucellosis ini menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Brucellosis ini bisa berdampak fatal ke seluruh bagian tubuh hingga sistem saraf pusat, untuk itu cara mengobati brucellosis sangat penting untuk diketahui.

Cara Mengobati Brucellosis Gejala dan PenyebabnyaCara Mengobati Brucellosis Penyebab dan Gejalanya

Penyebab Brucellosis

Brucellosis disebabkan oleh bakteri Brucella yang masuk kedalam tubuh melalui saluran pernafasan, saluran pencernaan, selaput lendir dan melalui mata. Bakteri Brucella ini bertahan didalam tubuh dan bisa berpindah melalui darah atau sistem getah bening dari satu organ yg terinfeksi ke organ yang lainnya. Brucellosis ini dapat menular dari hewan ke manusia melalui :

  • Produk yang tidak terpasteurisasi, misalnya bakteri brucelosis pada susu dari hewan yang terinfeksi dapat menyebar ke manusia melalui, susu, keju, mentega. Selain itu bakteri juga bisa menyebar melalui daging mantah dari hewan yang terinfeksi dan tidak terpasteurisasi.
  • Udara yang masuk ke sistem pernafasan manusia.
  • Kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi yang masuk kedalam aliran darah manusia melalui luka yang terbuka. Walaupun penularan melalui kontak fisik tidak mudah terjadi, namun sebaiknya orang yang memiliki sistem daya tahan tubuh lemah tidak melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Brucellosis biasanya tidak mudah menular dari orang ke orang, namun pada beberapa kasus yang terjadi, jika wanita terinfeksi bakteri brucellosis dapat menularkan penyakitnya pada bayi daat persalinan atau melalui ASI. Penularan juga bisa terjadi melalui hubungan seksual atau transfusi darah.

Gejala Brucellosis

Gejala brucellosis biasanya muncul dalam 5 hari atau satu bulan setelah terinfeksi, dan mirip dengan gejala flu, seperti :

  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Menggigil
  • Lemah / Kelelahan
  • Nyeri sendi dan otot
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Sakit perut
  • Berkeringat di malam hari
  • Nafsu makan dan berat badan menurun

Gejala biasanya akan hilang dalam hitungan minggu atau bulan, namun bisa kembali kambuh. Jika anda memiliki kekhawatiran dengan sebuah gejala tertentu segeralah konsultasikan dengan dokter Anda. Berikut ini kami memliki cara mengobati brucellosis.

Cara Mengobati Brucellosis

Dokter akan mendiagnosis brucellosis dengan menguji sampel darah atau susmsum tulang untuk melihat bakteri brucella atau tes darah untuk melihat antibodi terhadap bakteri.

Pengobatan pada penderita brucellosis dilakukan untuk meredakan gejala yang terjadi, mencegah infeksi kambuh dan menhindari komplikasi.

Pasien akan diberikan obat antibiotic seperti doxycyline atau rifampicin, kostimoksazol, streptomycin, ciprofloxacin dan tetracyline untuk dikonsumsi selama minimal 6 minggu.

Pencegahan Dirumah Untuk Bakteri Brucellosis

  • Hindari makanan yang tidak terpasteurisasi
  • Batasi kontak langsung dengan hewan dengan menggunakan sarung tangan karet saat menyentuh hewan.
  • Vaksinasi hewan peliharaan untuk mencegah infeksi hewan.

Brucellosis bisa berdampak pada seluruh bagian tubuh dan bisa menyebabkan komplikasi pada jantung, sistem saraf, otak, persendian dan hati. Untuk itu cara mengobati brucellosis sangat penting untuk anda ketahui.

Itulah cara mengobati brucellosis, penyebab dan gejalanya yang dapat kami sampaikan untuk anda, silahkan untuk share di media sosial anda untuk berbagi informasi untuk yang lainnya. Jangan lupa untuk mengisi kritik dan saran di kolom komentar, terimakasih telah berkunjung, semoga informasinya bermanfaat.

Tags: