Cara Menghilangkan Ketombe

Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan sekaligus menjelaskan mengenai tentang Cara menghilangkan ketombe. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah di mana kondisi kulit yang sangat umum dan hampir semua orang mengalaminya pada satu titik dalam hidup mereka tanpa memandang etnis atau usia, ketombe akan muncul tidak hanya kulit kepala melainkan juga alis, telinga, jenggot, sisi hidung dan bagian dada. Ketombe juga dapat mempengaruhi setiap daerah yang di tumbuhi rambut atau daerah dengan folikel rambut serta sangat kecil, nama lain untuk ketombe yaitu dermatitis seborrhea atau seboroik. Ketombe membuat rambut kita gatal dan membuat perilaku kita sedikit memalukan sebab kita sering menggaruk-garuk kepala.

Banyak sampo yang di tawarkan di pasaran untuk menghilangkan ketombe, akan tetapi tak jarang sampo tersebut malah membuat kulit kepala menjadi teriritasi dan sensitif. Jika kulit kepala anda termasuk salah satu yang sensitif, anda harus mencoba beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Aloe vera

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang mempunyai segudang manfaat seperti menghilangkan jerawat dan mengatasi ketombe pada kulit kepala, aloe vera ini dapat mengangkat sel kulit kepala yang telah mati dan dapat membunuh jamur yang mungkin bersarang pada kulit kepala. Tak hanya itu, gel aloe vera mempunyai efek dingin yang akan meredakan gatal dan peradangan pada kulit kepala dengan cara :

  1. Ambil 1 tangkai lidah buaya
  2. Keluarkan bagian gel yang ada di dalam daging daunnya
  3. Oleskan gel lidah buaya sampai merata pada seluruh kulit kepala sambil lakukan pemijatan lembut
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Lalu, lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.
  • Baking soda

Baking soda dapat di gunakan untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala, hal ini di maksudkan untuk mengupas dan mengangkat sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe. Tak hanya itu, baking soda dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala yang mengalami gatal gatal dengan cara :

  1. Basahi rambut
  2. Ambil 1 sendok makan baking soda
  3. Letakkan pada tangan
  4. Gosokkan baking soda secara lembut pada kulit kepala
  5. Bilas dengan air bersih sampai tidak ada baking soda yang menempel.

Baking soda ini akan membuat rambut terasa lebih kering pada awalnya, akan tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala akan kembali memproduksi minyak yang akan membuat rambut menjadi lembut kembali dan bebas dari ketombe.

  • Bawang putih 

Bawang putih mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri dan jamur dari penyebab ketombe pada rambut, akan tetapi tidak banyak yang menyukai dengan cara ini karena bau bawang putih yang cukup tajam ini. Padahal dengan cara, ini cukup ampuh dalam menghilangkan ketombe. Caranya :

  1. Ambil 2 siung bawang putih yang masih mentah
  2. Hancurkan sampai halus
  3. Campurkan dengan jahe dan madu untuk mengurangi bau tajam dari bawang
  4. Gosokkan ke kulit kepala secara perlahan
  5. Bilas dengan air
  6. Lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.
  • Cuka apel

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan ketombe pada rambur, larutan ini mempunyai sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak dapat di tinggali oleh jamur dari penyebab ketombe. Cuka apel ini dapat membantu meredakan rasa gatal pada kepala dan mencegah kulit kepala menjadi kering, dengan cara :

  1. Siapkan botol semprotan yang telah kosong
  2. Masukkan seperempat gelas atau + 50 ml cuka apel ke dalam botol semprotan
  3. Campurkan dengan seperempat gelas (+50 ml) air bersih
  4. Semprotkan campuran larutan cuka apel sampai merata ke seluruh kulit kepala
  5. Bungkus rambut dengan handuk
  6. Biarkan selama 30-60 menit
  7. Setelah selesai bilas rambut sampai bersih
  8. Lakukan cara ini 2x seminggu hingga rambut bebas dari ketombe.
  • Ekstrak minyak lavender

Ekstrak minyak lavender mempunyai fungsi yang hampir mirip dengan minyak zaitun yakni menghilangkan ketombe dan menjaga kelembaban kulit kepala, tak hanya itu minyak lavender juga akan mengurangi gatal yang di sebabkan karena ketombe dengan cara :

  1. Ambil 1 sendok makan minyak lavender
  2. Ratakan pada telapak tangan
  3. Pijat kulit kepala secara perlahan dengan telapak tangan yang penuh dengan minyak lavender
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Lalu, lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo.
  • Jahe

Jahe sering di gunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe, sebab mempunyai kemampuan untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala yang akan menimbulkan ketombe dan menghambat pertumbuhan jamur. Tak hanya itu, jahe berkhasiat dalam meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sampai memicu pertumbuhan rambut yang baru dengan cara :

  1. Ambil jahe secukupnya
  2. Kemudian, parut
  3. Lalu, rebus sampai sarinya keluar
  4. Campurkan sari jahe dengan 1 sendok teh minyak wijen
  5. Gunakan campuran tersebut untuk keramas
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Dan bilas rambut sampai bersih.
  • Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menghilangkan ketombe dari rambut, karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Tak hanya itu, minyak kelapa kaya akan vitamin E yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala bahkan rambut dengan cara :

  1. Ambil 1 sendok makan minyak kelapa
  2. Oleskan ke kulit kepala ketika rambut masih dalam keadaan kering
  3. Ratakan ke seluruh permukaan kulit kepala sambil lakukan pemijatan ringan pada kulit kepala
  4. Diamkan selama 30-60 menit
  5. Kemudian, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan sampo sampai bersih.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang Cara menghilangkan ketombedan terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat.

Tags: