Cara Mengatasi Xanthelasma

Cara Mengatasi Xanthelasma – Selamat datang diwebsite resmi kami di www.jamuwalatra.com yang merupakan obat tradisional dengan inovasi terbaru yang diformulasikan khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit. Umumnya penyakit ini ditemukan pada orang berusia > 50 tahun.

Apa Itu Xanthelasma ?

cara mengatasi xanthelasma

Xanthelasma adalah dimana munculnya plak kuning seperti gumpalan lemak diatas dan dibawah kelopak mata, tepatnya juga disudut mata atau canthus yang bisa berkembang seiringnya waktu. Xanthelasma yang tumbuh juga bisa berbentuk seperti gumpalan lembut, berkapur atau semi padat dengan posisi simetris di kelopak mata. Terdapat 4 titik kelopak mata gumpalan tersebut biasanya muncul di area bagian atas dan bagian bawah sudut mata bagian dalam pada mata kiri dan kanan.

Penyebab Xanthelasma

Xanthelasma ini disebabkan oleh kelainan enzim yang terakumulasikan di dalam zat kulit khususnya di area mata dan kerap diasosiasikan dengan hiperlipidemia (kadar lemak yang tinggi dalam darah). Kolesterol ‘jahat’ (LDL) dalam darah terdorong keluar ke permukaan kulit dan membentuknya gumpalan berwarna kuning seperti lipid atau lemak.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami xanthelasma diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Rendahnya kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) dalam darah
  • Memiliki riwayat penyakit hiperkolesterolemia atau kolesterol
  • Memiliki penyakit sirosis bilier primer atau kerusakan pada saluran empedu hati.

Selain itu juga, seseorang yang obesitas dan perokok beresiko tinggi mengalami penyakit ini karena kedua faktor dapat meningkatkan penimbunan lemak dalam tubuh dan memicu terjadinya serangan jantung.

Gejala Xanthelasma

Gejala xanthelasma hanya ditandai dengan munculnya lemak atau lipid berwarna kuning yang terus bertumbuh di sekitar kelopak mata. Gejala xanthelasma ini memiliki kemiripan dengan penyakit kulit lainnya, bagi mereka yang mengalami gejala xanthelasma disarankan untuk menemui dokter agar dapat di diagnosa atau ditangani dengan tepat untuk cara mengatasi xanthelasma.

Cara Mengatasi Xanthelasma

Xanthelasma ini tidaklah membahayakan akan tetapi disarankan untuk melakukan pengobatan agar lipid tidak terus menumbuh dan mengganggu penglihatan, penanganan ini juga bisa dilakukan melalui perubahan gaya hidup termasuk pola makan atau melalui tindakan bedah. Inilah cara mengatasi xanthelasma sebagai berikut :

  • Mengubah Pola Hidup

Umumnya cara mengatasi xanthelasma ini dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menekan pertumbuhan dari lipid, selain itu juga ada beberapa potensi penyakit seperti serangan jantung atau stroke dan juga bisa dicegah melalui cara ini

  • Tindakan Bedah

Dalam kasus ini penderita terganggu dengan adanya gumpalan lemak yang tumbh, tindakan bedah ini dapat dilakukan untuk mengangkat lapisan dari area kelopak mata.

Selain bedah juga ada cara lain untuk cara mengatasi xanthelasma yang dapat mengangkat gumpalan tersebut diantaranya yaitu teknik electrodessication dan cryotherapy, kedua teknik tersebut bertujuan untuk mematikan sel yang menyebabkan xanthelasma ini terjadi . Teknik Electrodessication dilakukan dengan bantuan gelombang listrik sedangkan cryotherapy menggunakan suhu yang sangat dingin.

Selain metode diatas, ada juga teknik yang disebut ablasi laser argon dengan menggunakan gas karbondioksida. Dalam teknik ini dokter akan menggunakan sinar laser untuk menghancurkan lemak secara bertahap, pasien akan diberikan suntikan anestesi lokal sebelum tindakan dilakukan.

Untuk meminimalisir efek samping seperti efek perut, teknik kauterisasi dengan cairan kimia dapat dilakukan, dalam teknik ini dokter akan mengoleskan zat seperti asam asetat diklorinasi, asam monokloroasetat, asam diklororoetat dan juga asam trikloroasetat untuk mematikan jaringan pada gumpalan xanthelasma.

Walaupun tindakan bedah umumnya disarankan untuk mengobati xanthelasma, perlu di ingatkan bahwa prosedur ini tidak lepas dari potensi komplikasi, seperti perubahan struktur kelopak mata dan gangguan pertumbuhan bulu mata setelah operasi atau perubahan warna kulit dan hipopigmentasi setelah penggunaan cairan kimia seperti asam trikloroasetat.

Cara Dalam Pencegahan Xanthelasma 

Xanthelasma merupakan kolesterol tinggi maka pencegahan utama yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga pola makan atau mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter secara rutin agar kadar kolesterol menurun dan tidak menumpuk.

Tags: