Penyebab dan Cara Mengatasi Wasir

Penyebab dan cara mengatasi wasir  dengan bahan alami – Selamat datang di situs jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang pengertian, penyebab dan cara mengobati wasir. Jadi, apa sebenarnya wasir dan bagaimana cara mengatasi wasir? Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang terjadi di dalam atau disekitar area bokong. Pembengkakan ini terjadi karena pembuluh darah pada area yang terkena wasir membesar. Jika pembengkakan pembuluh darah terjadi di dalam anus dan tidak terlihat, maka ini disebut sebagai hemoroid internal. Namun, pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus dan terasa lebih nyeri, ini disebut sebagai hemoroid eksternal.

Penyebab dan cara mengatasi wasir

Apa sebenarnya penyebab wasir?

Penyebab wasir atau hemoroid masih belum diketahui dengan jelas. Tapi dilihat dari beberapa kasus yang pernah ada, penyebab munculnya wasir dapat diperkiran terjadi karena adanya peningkatan tekanan aliran darah yang terjadi di dalam atau di sekitar anus. Tekanan inilah yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah pada bokong.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang beresiko terkena wasir;

  • Sering duduk dalam jangka waktu yang lama
  • Sering mengangkat beban berat
  • Diare yang berkepanjangan
  • Kurangnya asupan makanan berserat
  • Mengejan saat BAB
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Wanita hamil
  • Faktor usia yang terus bertambah

Bagaimanakah Cara Mengatasi Wasir?

Wasir atau hemoroid bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi kadang-kadang penyakit ini perlu melakukan perawatan yang lebih intensif, tergantung pada letak hemoroidnya. Ada dua cara mengatasi wasir yaitu dengan menggunakan bahan alami dan pengobatan kimia.

Cara Mengatasi Wasir dengan Bahan Alami

Daun sirsak

Daun sirsak memiliki beberapa manfaat yang sangat baik, salah satunya bisa Anda jadikan sebagai pengobatan alami cara mengatasi wasir.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, pertama anda hanya perlu menyiapkan 10 lembar daun sirsak kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun sirsak dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan air kira-kira 1 gelas saja. Anda bisa meminum ramuan daun sirsak tersebut saat pagi dan malam hari secara teratur agar penyakit wasir bisa sembuh dengan maksimal.

Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk mengobati wasir. Adapun cara yang harus anda lakukan yaitu mengambil beberapa batang lidah buaya, kemudian cuci dengan air bersih lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah menjadi jus, anda bisa menambahkan bubuk gambir dan norit secukupnya dan aduk hingga merata. Jika sudah tercampur rata, Anda bisa mengoleskan ramuan tersebut pada area anus atau pada benjolan yang disebabkan oleh wasir.

Kulit Manggis

Selain buahnya yang lezat, kulit pada buah manggis pun juga mengandung banyak sekali khasiat yang tentunya sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit termasuk penyakit wasir atau ambeien.

Anda bisa membuat sendiri ramuan herbal dari kulit manggis ini dirumah. Dengan cara berikut; pertama Anda harus mengeringkan kulit manggis terlebih dahulu, kemudian rebus kulit manggis yang sudah mengering dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengkonsumsi ramuan kulit mangis ini secara rutin hingga wasir atau ambeien Anda beranggsur pulih.

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu rempah, bawang putih juga dapat dijadikan sebagai obat alami cara mengatasi wasir. Senyawa gizi dalam bawang putih dipercaya sangat efektif dalam meredakan bengkak pada pembuluh darah di anus, sehingga benjolan wasir akan mengempis kemudian akan hilang dengan sendirinya.

Cara pengolahannya pun sangat mudah, Anda cukup mengambil satu atau dua butir bawang putih kemudian tumbuk hingga benar-benar halus. Setelah itu campurkan dengan air panas secukupnya dan aduk hingga tercampur merata. Anda juga harus menyediakan kain atau saringan halus, untuk menyaring campuran air dan bawang putih tadi. Anda bisa mengoleskan ramuan tersebut setiap hari pada benjolan wasir, pengolesan diusahakan dilakukan sehabis BAB.

Cara Mengatasi Wasir dengan Pengobatan Kimia

Melakukan Suntikan Skleroterapi

Penanganan dengan proses skleroterapi dilakukan dengan cara menyuntikan larutan kimia ke dalam pembuluh darah pada anus. Suntikan ini dapat membuat ujung saraf menjadi mati rasa, sehingga akan menghilangkan rasa sakit pada area wasir. Suntikan ini juga akan membuat jaringan hemoroid mengeras dan akhirnya akan terbentuk sebuah luka. Dan setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran hemoroid ini akan mengecil serta menyusut dan kemudian akan menghilang.

Menggunakan krim oles yang bisa dibeli secara bebas

Anda juga bisa membeli berbagai macam krim, salep, atau obat suppositoria yang tersedia di apotek atau toko obat. Suppositoria merupakan jenis obat-obatan yang dimasukan langsung ke dalam anus. Pengobatan jenis ini dapat bermanfaat bagi anda untuk meredakan pembengkakan yang terjadi.

Tags: