Cara Mengatasi Virus Zika

Cara Mengatasi Virus Zika – Selamat datang di www.jamuwalatra.com, disini kami akan menjelaskan kepada pengunjung semua tentang Cara Mengatasi Virus Zika, dari mulai pengertian , Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pengobatan, dan cara Mencegahnya. Sebelum ke pembahasan utama, yaitu Cara Mengatasi Virus Zika, kita akan memahami dulu apa itu Virus Zika. tidak usah lama-lama yuks kita lanjutkan ke pembahasan.

Cara Mengatasi Virus ZikaCara Mengatasi Virus Zika – Pengertian , Penyebab, Gejala, Diagnosa, dan Pengobatannya.

   Setelah Virus Ebola yang meresahkan dunia pada tahun 2014 hingga 2015 lalu, lagi-lagi kita di hebohkan kembali dengan wabah Virus. Kali ini yang mengguncangangnya adalah virus Zika, yang efeknya ternyata tidah selucu namanya.

Apa Itu Virus Zika ?

Virus Zika merupakan sejenis Virus flavivirus dari keluarga Flaviviridae yang di tularkan oleh gigitan nyamuk, terutama jenis nyamuk aedes aegypti. Jenis nyamuk ades agypti adalah nyamuk kecil berwarna gelap dengan tanda belang putih di perut dan di kakinya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, Central of Disease Control (CDC), nyamuk Aedes aegypti bertanggung jawab atas semua penularan virus Zika, virus Cikungunya, virus Dengue, dan virus demam kuning di belahan dunia tertentu.
Virus Zika sudah jadi Wabah di benua Amerika bagian tengah dan selatan. Bahkan, sudah terjadi pada Ribuan orang di Brazil yang terinfeksi Virus Zika. Menurut World Health Organization (WHO), Menurut WHO virus ini bisa mewabah lebih hebat lagi kalau tidak segera ditangani.

Penyebab Virus Zika

Penyebab virus Zika adalah dari gigitan nyamuk Adeas aegypti yang mengambil dan membawa virus Zika dari manusia yang telah terinfeksi virus tersebut.
Virus ini ditularkan ke orang oleh nyamuk Aedes sebagai faktor utama resiko. Nyamuk tersebut menjadi terinfeksi ketika mereka mengisap darah dari orang yang sudah terinfeksi virus Zika. Nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menyebarkan virus ke orang lain melalui gigitannya.

Gejala Virus Zika

Masa inkubasi untuk penyakit virus Zika tidak diketahui, tetapi dari pendapat para dokter gejalanya berlangsung selama berhari-hari sampai seminggu. Pada Mulanya orang yang terserang virus Zika biasanya tidak menunjukan rasa sakit, karena di awal virus Zika belum bereaksi mematikan dan dapat membutuhkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit dan bahkan seandainya tidak ditangani dengan serius bisa menimbulak Kematian.
Gejala yang umum yang sering kali di rasakan penderita antara lain:

  •  Demam
  •  Sakit Kepala
  •  Ruam
  •  Nyeri Otot
  •  Nyeri Sendi
  •  Tubuh Terasa Lelah

Diagnosis Virus Zika

Untuk mendiagnosis virus Zika, dokter akan menanyakan detail prihal riwayat kesehatan, gejala yang dirasakan pasien dan perjalanan yang pernah pasien lakukan, karena itu, pastikan pasien mengingat detail-detail mengenai perjalanan yang pernah pasien kunjungi.

Jika pasien yang baru saja bepergian ke daerah dengan wabah virus Zika, beritahu dokter yang menangani anda.
Tanyakan juga kepada dokter mengenai tes virus Zika. Biasanya Rumah Sakit akan menyediakan layanan kesehatan dan dokter menyarankan seperti :

  • Tes darah, khusus untuk mencari Zika atau virus serupa lainnya seperti Cikungunya, dan demam kuning.

Dan khusus untuk ibu hamil biasanyan menggunakan cara yang Meliputi:

  • USG Kehamilan.
  • Memasukkan jarum berlubang ke dalam rahim untuk mengambil sampel cairan ketuban, ini dilakukan untuk mendeteksi virus Zika.

Pengobatan Penyakit Zika

Seluruh dokter memberikan pendapat, bahwa tidak ada terapi atau pengobatan khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati virus Zika. Adapun pengobatan virus Zika hanya untuk mengurangi gejala yang dialami oleh pasien, Antara lain :

  • Banyak Istirahat
  • Minum Cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Perbanyak minum Air putih
  • dan dengan obat-obatan yang di sarankan oleh dokter.

Cara Mengatasi Virus Zika

Seperti kita ketahui dan disepakati, terjadinya infeksi virus Zika di sebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, dan menghindari gigitan nyamuk tersebutlah langkah awal untuk pencegahan agar tidak terjangkit infeksi virus Zika. Derikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk, antara lain:

  •  Gunakan Losion anti nyamuk
  •  Selalu bersihkan tempat penampungan air, supaya nyamuk tidak berkembang biak dan bertelur.
  •  sebarkan obat pembunuh larva nyamuk di tempat penampungan air
  •  Selalu hidup bersih di rumah dan di lingkungan masyarakat
  •  Dan buat jadwal untuk Vakum pembunuh nyamuk di rumah dan di lingkungan sekitar.

Terimakasih telah menyimak sampai selesai. Dengan demikian kita bisa jadi paham tentang Mengatasi virus Zika dari mulai pengertian, penyebab, gejala, Diagnosa, pengobatan, sampai cara mencegahnya. Kita harus selalu berusaha melawan virius Zika ini bahkan penyakit apapun itu agar kita selalu hidup Sehat Dan bahagia tentunya.

Jika bermanfaat pengunjung semua bisa membagikan artikel ini supaya bisa bermaanfaat lagi bagi orang-orang banyak, tak lupa juga untuk meninggalkan komentar di kolom komentar dibawah. Terimakasih..

Tags: