Cara Mengatasi Takikardia

Cara Mengatasi Takikardia-, Terimakasih telah berkunjung kembali di situs www.jamuwalatra.com. Kami selalu menyediakan informasi seputar kesehatan dan cara mengobatinya. Adapun kali ini kami akan mengulas terkait cara mengatasi takikardia. Mari simak ulasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Takikardia Secara Medis dan Alternatif

cara mengatasi takikardia

Takikardia adalah keadaan dimana jantung berdetak melebihi 100 kali per menit walaupun sedang beristirahat. Detak jantung diatur oleh sinyal listrik yang dikirim melalui jaringan jantung. Terdapat beberapa jenis takikardia yang abnormal berdasarkan tempat dan penyebabnya, yaitu takikardia pada bilik jantung atau ventrikel takikardia pada serambi jantung.

Apa penyebab takikardia ?

Takikardia disebabkan oleh adanya gangguan pada sinyak elektrik yang mengatur detak jantung untuk memompa darah. Gangguan tersebut disebabkan oleh kondisi medis seperti anemia, hipertiroidisme, hipertensi, demam, olahraga berat, gangguan elektrolit, efek samping obat obatan, kebiasaan merokok, konsumsi kafien, mengalami stress atau ketakutan. Adapun penyebab lainnya seperti pada usia lanjut yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan ritme jantung.

Apa tanda-tanda gejala takikardia ?

Gejala takikardia menunjukan seperti denyut jantung dan nadi menjadi lebih cepay, sehingga dapat merasakan seperti :

  • Jantung berdebar
  • Nyeri dada (angina)
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Pingsan
  • Sesak napas

Takikardia juga tidak menimbulkan gejala sehingga jika hal ini tidak diketahui dan disadari sejak dini. Hal ini akan menyebabka, bahkan dapat terjadi komplikasi seperti gagal jantung, stroke atau serangan jantung.

Cara mengatasi takikardia

Dokter akan meelakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui adanya penyakit dengan mendengarkan irama dan detak jantung. Serangkaian pemeriksaan seperti Elektrokardiografi (EKG), tes darah, pemindahan jantung, stress test, test elektrofisiolgi dan tilt table test. Dokter akan melakukan penanganan untuk memperlambat detak jantung seperti :

  • Manuver vagal untuk menekan daerah leher yang mempengaruhi saraf untuk membantu memperlambat detak jantung.
  • Pemberian obat seperti obat aritmia untuk menormalkan kembali detak jantung. Selain itu dokter juga akan meresepkan obat pengencer darah karena penderita takikardia ini beresiko tinggi mengalami penggumpalan darah.
  • Kardioversi. dengan mengirimkan sengatan listrik ke jantung dan menormalkan kembali irama detak jantung.
  • Ablasi. Dengan manggunakaan media selang kecil atau kateter yang dimasukan melalui pangkal paha,lengan atau leher kemudian di arahkan ke jantung untuk mengeluarkan energi radio frekuensi atau pembekuan untuk menghancurkn jalur listrik yang tidak normal.
  • Pembedahan untuk menghilangkan jalur listrik tidak normal.

Adapun cara mengatasi takikardia secara alami yaitu dengan melalui pengobatan alternatif yang kami rekomendasikan. Informasi lebih lengkap silahkan Klik Disini.

Terimakasih telah menyimak, semoga informasinya bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk kritik dan saran anda di kolom komentar. Salam sehat!

Tags: