Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Cara mengatasi sakit tenggorokan ternyata bisa diatasi dirumah dengan bahan alami. Berikut ini kami akan sajikan mengenai bahan-bahan alami dirumah yang sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan selain dari obat-obatan di apotik. Namun sebelum itu mari kita ketahui, apa yang menjadi penyebab sakit tenggorokan ?

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

cara mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan seringkali dialami semua usia. Sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri atau virus atau infeksi bakteri Streptococcus pyogenes, adapun beberapa inveksi virus yang menyebabkan sakit pada tenggorokan seperti pilek, campak, cacar dan sesak napas. Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi, iritasi, udara kering, dan polusi udara.

Orang yang mengalami sakit tenggorokan akan merasakan nyeri di dareah laring, faring dan kelenjar amandel. Hal ini dapat menimbukan sensasi panas atau sakit sehingga anda kesulitan untuk menelan. Selain itu gejala lain yang mncul dapat berupa gatal dan sakit pada tenggorokan, suara serak, demam, batuj, hidung meler, bersin atau amandel yang memerah.

Sakit tenggorokan dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Namun jika masalahnya tidak membaik dan bertambah buruk sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Namun anda juga dapat melakukan serangkaian penanganan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan yang dapat anda lakukan dirumah seperti :

  • Berkumur air garam hangat. Air garam dapat mengurangi peradangan atau bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir hingga membantu membunuh bakteri penyebab iritasi. Anda dapat mencampurkan 1 sendok garam dengan secangkir air hangat, kemudian kumur beberapa detik dan lakukan secara rutin.
  • Madu. Baik dicampur atau diminum langsung, madu mampu mengobati sakit tenggorokan secara alami. Anda juga dapat mencampurkan madu dan kayu manis, didalam kayu manis mengandung antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.
  • Kayu manis. Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis kedalam segelas air. Lalu campurkan dua sendok madu. Hirup uap airnya dan konsumsi selagi hangat. Minum ramuan ini 2-3 kali sehari.
  • Bawang putih. kandungan dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Selain dikunyah langsung, bawang putih juga dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun atau dibuat jus.
  • Penuhi cairan tubuh. Air putih dapat meredakan rasa sakit tenggorokn dan mencegah terjadinya dehidrasi. Air putih dapat membuat selaput lendir anda tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi seperti alergen dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu.
  • Cuka sari apel. Sebuah penelitian menunjukan efek antimikroba dalam cuka sari apel untuk melawan infeksi dan mencegah penyebaran bakteri. Larutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel kedalam satu cangkir dan berkumurlah dengan larutan tersebut.
  • Baking soda. Berkumur dengan baking soda dapat membunuh bkateri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.
  • Istirahat yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anda dapat sembuh lebih cepat.

Selain bahan-bahan alami tadi, anda juga dapat mengatasi sakit tenggorokan dengan obat sakit tenggorokan di apotik. Obat pereda nyeri yang dipilih seperti golongan NSAID seperti aspirin, ibuprofen,, dan parasetamol. Untuk menghilangkan rasa sakit. Obat antibiotik untuk mencegah penyebaran bakteri ke bagian tubuh lain yang dapat memperparah kondisi anda. Namun penggunaan antibiotik ini harus dengan resep dokter.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami. Bagi anda yang mengalami sakit tenggorokan karena adanya peradangan amandel, atau laringitis kami rekomendasikan juga obat herbalnya, informasi lebih lengkap Klik Disini. Jangan lupa isi kritik, dan saran anda di kolom komentar. Salam sehat

Tags: