Cara Mengatasi Psikosis

Cara Mengatasi Psikosis-, Terimakasih telah berkunjung kembali di situs www.jamuwalatra.com yang mana selalu menyajika informasi seputar kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Adapun pada kesempatan ini, kami akan mengulas terkait cara mengatasi psikosis. Lalu apa itu psikosis ? Simak ulasanya dibawah ini.

Cara Mengatasi Psikosis, Gejala dan Penyebabnyacara mengatasi psikosis

Psikosis adalah istilah dari gangguan mental yang terganggu oleh delusi atau halusinasi. Penderitanya akan mengalami kesulitan untuk membedakan kenyataan dan imajinasi. Psikosis adalah sebuah karakteristik unik yang cenderung muncul pada penderita penyakit skizofrenia. depresi berat, dan beberapa orang dengan gangguan kepribadian.

Apa penyebab psikosis ?

Meski belum diketahui secara pasti, dugaan sementara yang dapat menyebabkan psikosis adalah dari pola tidur yang buruk, mengkonsumsi alkohol, menggunakan ganja, trauma karena kehilangan seseorang yang dicintai ataupun beberapa gangguan pada otak diantaranya ;

  • Parkinson
  • Penyakit huntington
  • Tumor atau kista otak
  • Stroke
  • Alzheimer
  • Epilepsi
  • Infeksi pada otak seperti HIV dan sifilis.

Apa ciri-ciri atau gejala psikosis ?

Adapun beberapa gejala yang muncul terhadap setiap orang itu akan berbeda tergantung dari penyebab dan usia. Namun gejala utama yang umumnya terjadi adalah delusi dan halusinasi.

  • Delusi merupakan kondisi dimana seseorang memiliki keyakinan yang kuat dan tidak dapat dipatahkan terhadap sesuatu yang tidak nyata.
  • Halusinasi merupakan kondisi dimana seseorang mendengar, melihat, merasakan atau mencium sesuatu yang tidak ada dan tidak dialami orang lain.

Adapun beberapa gejala lain yang muncul saat seseorang mengalami psikosis, diantaranya; Sulit berkonsentrasi, Gangguan tidur, Gelisah ,Gangguan berinteraksi dengan orang lain, Merasa curiga, Merasa ada dorongan untuk bunuh diri, Berbicara melantur.

Cara mengatasi psikosis

Penderita psikosis harus mendapatkan penanganan yang cepat, karena akan semakin memburuk dan akan berdampak pada kemampuan pasien dalam menjalin hubungan sosial. Untuk mengatasi psikosis membutuhkan pengawasan dan pengobatan yang ketat, baik dari dokter maupun ahli kejiwaan. Pengobatan pada penderita psikosis pun berbeda-beda tergantung dari penyebab yang menyertainya.

Dalam hal ini, dokter akan memberikan dan menganjurkan obat-obatan eurolrptik untuk pengobatan orang yang berperilaku aneh dan tidak terduga. Tujuanya untuk mencegah dirinya sendiri atau orang lain. Obat-obatan ini termasuk haloperidol dan benzodiazepin untuk mengatasi rasa gelisah seperti lorazeoam / alpazolam. Dokter juga dapat menyuntikan obat penenang jika gejala yang muncul tergolong beresiko dan dapat melukai dirinya sendiri atau orang lain.

Adapun beberapa gaya hidup yang dapat dilakukan dirumah sebagai cara mengatasi psikosis, diantaranya;

  • Membutuhkan dampingan psikolog atau psikiater untuk memantau kondisi medis dalam jangjka panjang.
  • Hubungi dokter jika merasa cemas atau tertekan
  • Jauhi pakai narkoba, alkohol, amfetamin, kokain, obat tidur dan antidepresan yang dapat menyebabkan psikosis.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi psikosis. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk share di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lainnya.

Tags: