Cara Mengatasi Penyakit Paget

Cara Mengatasi Penyakit Paget-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com situs yang selalu menyediakan informasi kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Adapun pada kesempatan ini, kami akan membahas terkait cara mengatasi penyakit paget yang diulas secara lengkap berikut gejala dan penyebabnya. Lalu apakah penyebab penyakit paget ? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Penyakit Paget Tulangcara mengatasi penyakit paget

Penyakit paget adalah kelainan formasi tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mengalami deformitas (kelainan bentuk). Normalnya, sel tulang (osteoblast) membentuk tulang baru di permukaan yang lunak dan rata. Namun saat ada penyakit paget terjadi, mngganggu proses daur ulang tulang yang normal di dalam tubuh. Sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mengalami deformitas (kelainan bentuk).

Penyakit paget tulang dapat terjadi pada semua golongan usia. Namun, resiko seseorang terkena penyakit paget ini akan meningkat seiring bertambahnya usia. Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit paget. Seperti faktor genetik (keturunan) dan jenis kelamin pria yang lebih besar terkena penyakit paget.

Penyebab penyakit paget

Meski belum diketahui secara pasti, para ahli berasumsi bahwa penyakit paget ini disebabkan oleh mutasi gen SQSTM1 yang menyebabkan kelainan regenerasi tulang. Pada penderita penyakit paget, sel osteoclast berfungsi secara tidak normal sehingga penyerapan jaringan tulang penyerapan jaringan tulang terjadi begitu cepat. Hal ini dapat mengakibatkan osteoblast bekerja lebih cepat dan membuat jaringan tulang baru didalam struktur yang lebih besar, namun lemah.

Gejala penyakit paget

Penyakit paget, paling sering ditemukan pada tulang panggul, tulang tengkorak paha, tulang belakang, tulang bahu, dan tulang kaki. Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit paget, diantaranya adalah;

  • Sakit tulang.
  • Sakit leher.
  • Nyeri, kaku dan bengkak pada sendi.
  • Sakit kepala.
  • Kehilangan pendengaran.
  • Tinggi badan berkurang.
  • Kulit hangat di sekitar tulang yang terpengaruh.
  • Gangguan saraf.
  • Tulang retak, rapuh, dan bentuk tulang berubah.

Diagnosis Penyakit Paget

Sebagai cara mengatasi penyakit paget, pada tahap pertama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Lalu selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan darah, pemindaian tulang dengan foto Rontgen, CT scan, MRI atau skintigrafi, dan melakukan Biopsi tulang.

Belum ada obat yang direkomendasikan untuk cara mengatasi penyakit paget. Namun dokter menyarankan beberapa metode sebagai cara mengobati penyakit paget dengan beberapa penanganan yang dapat meringankan gejala seperti :

  • Memberikan obat-obatan seperti bisphosphonates atau calcitonin.
  • Pembedahan untuk mengatasi keretakan atau patah tulang, mengurangi penekanan pada saraf.
  • Fisioterapi untuk menguatkan otot-otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh pasien.
  • Pangaturan nutrisi dengan memperbanyak konsumsi makanan serta minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Cara mengatasi penyakit paget di rumah dengan melakukan gaya hidup sehat seprti, tidur diatas ranjang yang keras untuk menyokong punggung. Berolahraga dan jaga tubuh tetap kurus. Hindari cedera ataupun terjatuh.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi penyakit paget. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari cara mengatasi penyakit paget. Untuk menambah wawasan, silahkan share atau bagikan di media sosial anda supaya bisa berbagi informasi dengan yang lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat.

Tags: