Cara Mengatasi Kutu Kemaluan Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kutu Kemaluan Paling Ampuh dengan tips www.jamuwalatra.com – Mungkin kita sering mendengar mengenai kutu rambut, tapi apakah anda tahu bahwa kutu bisa juga tumbuh di kemaluan ?

Kutu Kemaluan (Phthirus pubis) adalah parasit kecil yang merayap di rambut kelamin. Selain ditemukan di daerah kemaluan, kutu ini juga bisa ditemukan di bulu ketiak dan kaki, rambut dada, serta di sekitar wajah yaitu jenggot, kumis, bulu mata dan alis. Parasit ini hidup dengan menghisap darah melalui kulit dan menyebabkan rasa gatal. Lalu bagaimana cara mengatasi kutu kemaluan ?

Cara Mengatasi Kutu KemaluanCara Mengatasi Kutu Kemaluan Paling Ampuh dan Efektif

Kutu kemaluan adalah parasit yang hidup pada rambut kemaluan manusia, ia akan menghisap darah melalui kulit kemaluan sebagai sumber makanan mereka. Ketika kutu menghisap darah pada kulit, mereka akan meninggalkan air liur, dimana air liur tersebut yang menyebabkan gatal pada permukaan kulit. Jika gatal tersebut tidak segera diatasi, maka bisa terjadi infeksi. Berikut ini adalah cara mengatasi kutu kemaluan :

Diagnosis Kutu Kemaluan

Dokter akan mendiagnosis melalui gejala yang dirasakan pasien, dan melakukan pemeriksaan fisik pada area yang terjangkit. Untuk memastikan keberadaan kutu kemaluan, dokter akan menggunakan kaca pembesar atau mikrosop.

Cara Mengatasi Kutu Kemaluan dengan Pengobatan Kutu Kemaluan

Setelah didiagnosa positif memiliki kutu kemaluan, dokter akan segera melakukan pengobatan dengan menggunakan obat tropikal seperti shampo antiparasit, krim dan losion. Obat ini hanya digunakan pada area yang terinfeksi kutu, jika obat ini mengenai mata segera cuci mata dengan air bersih.

Obat antiparasit yang digunakan adalah premethrin yang memiliki efek samping gatal, merah dan panas pada kulit. Pengobatan kutu kemaluan biasanya membutuhkan pengulangan setelah 9-10 hari. Untuk memastikan kutu atau telurnya masih ada pada area tersebut, periksalah selama dan setelah periode pengobatan kedua selesai.

Gejala Yang Muncul Jika Ada Kutu Kemaluan

  • Rasa gatal pada kulit akibat reaksi kutu, gatal akan memburuk pada malam hari karena pada malam hari kutu akan lebih aktif menghisap darah.
  • Bitik kecil berwarna merah kebiruan pada kulit
  • Bintik coklat pada pakaian dalam, yang merupakan kotoran kutu.
  • Adanya telor kutu atau kutu pada rambut rambut tersebut.
  • Demam
  • Peradangan atau iritasi akibat digaruk
  • Peradangan pada mata jika infeksi kutu kemaluan terdapat pada bulu mata atau alis.

Penyebab dan Penularan Kutu Kemaluan

Kutu kemaluan ditularkan melalui aktifitas seksual, kasus yang sering terjadi kutu kemaluan menyebar akibat menggunakan pakaian, handuk, seprei secara bersamaan dengan penderita.

Kutu kemaluan memiliki 3 bentuk perkembangan, yaitu telur, nimfa serta kutu dewasa. Telur kutu melekat erat pada rambut dan akan menetas dalam waktu 6 – 10 hari menjadi nimfa. Nimfa akan menjadi kutu dewasa pada 2-3 minggu.

Pencegahan Kutu Kemaluan

  • Hindari pakaian handuk, seprei atau pakaian dengan orang yang terinfeksi kutu.
  • Jika terdiagnosis menderita infeksi parasit ini, segera ajak ke dokter untuk diperiksa.
  • Hindari melakukan hubungan seksual hingga dokter menyatakan sembuh.

Jika tidak segera di tangani, kutu kemaluan akan menyebabkan komplikasi dan akan terjadi iritasi akibat seringnya menggaruk area yang didiami kutu kemaluan. Kondisi ini beresiko menimbulkan impetigo atau bisul akibat bakteri. Peradangan kelopak mata akan terjadi jika kutu kemaluan menjangkit pada bulu mata. Semoga artikel cara mengatasi kutu kemaluan ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa kirimkan saran dan kritikan dan isi dibawah kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Tags: