Cara Mengatasi Kriptorkismus

Cara Mengatasi Kriptorkismus-, Terimakasih telah bergabung bersama kami di www.jamuwalatra.com. Disini kami selalu memberikan informasi seputar kesehatan, dan cara mengatasinya. Adapun pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengatasi kriptorkismus. Lalu apa anda tau apa itu kriptorkismus ?

Cara Mengatasi Kriptorkismus, Gejala dan Penyebabnya

cara mengatasi kriptorkismus

Kriptorkismus adalah kondisi yang ditandai dengan tidak turunya testis pada bayi laki-laki kedalam skrotum saat dilahirkan. Normalnya, testis akan turun secara alami melalui suatu saluran inguinal canal lalu menempati skrotum pada trimester ketiga kehamilan atau sekitar dua bulan menjelang kelahiran. Namun, saat bayi mengalami kriptorkismus, testis tetap berada di dalam rongga perut di inguinal canal dan tidak berada pada skrotum seperti seharusnya.

Jika kondisi ini belum normal hingga usia bayi 6 bulan tindakan penanganan harus segera dilakukan karena kriptorkismus dapat meningkatkan resiko kanker testis.

Apa penyebeb dan gejala kriptorkismus ?

Gejala tertentu jarang sekali muncul dan kondisinyta diketahui setelah bayi lahir. Adapun beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan resiko kriptorkismus diantaranya :

  • Kelahiran prematur
  • Memiliki faktor keturunan
  • Lahir dengan berat badan yang rendah
  • Gangguan pada janin yang menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan
  • Konsumsi alkohol dan merokok saat hamil
  • Terpapar pestisida

Cara mengatasi kriptorkismus

Dokter akan melakukan penanganan jika kriptorkismus terjadi lebih dari 6 bulan. Tindakan akan dilakuka untuk memindahkan testis kedalam skrotum dengan cara penyuntikan hormon chrionic gonadotropin (HCG) untuk merangsang proses turunya testis.

Jika terapi tersebut tidak efektif, maka tindakan operasi akan dilakukan untuk memindahkan sktotum. Namun meskipun tindakan operasi ini berhasil kondisi ini akan menimbulkan resiko seperti pendarahan, infeksi, testis kembali ke naik, jaringan testis mengecil, kerusakan pada saluran testis. Adapun jika bayi tidak memiliki testis sama sekali, implantasi testis akan dilakukan.

Komplikasi kriptorkismus

Komplikasi akan yang akan terjadi yang disebabkan oleh kriptorkismus diantaranya kemandulan atau infertilitas yang ditandai dengan jumlah sperma yang sedikit atau kualitasnya buruk. Adapun komplikasi berbahaya lainnya yang dapat timbul seperti kanker testis.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi kriptorkismus. Jangan lupa untuk masukan, kritik dan saran pada kolom komentar.

Tags: