Cara Mengatasi Kleptomania – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengatasi Kleptomania – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai kleptomania. Apa itu kleptomania? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi yang akan admin sampaikan berikut mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi kleptomania.

cara mengatasi kleptomania

Cara Mengatasi Kleptomania – Penyebab dan Gejalanya

Apa Itu Kleptomania?

Kleptomania adalah suatu kondisi dimana penderitanya akan mengalami gangguan mental, hal ini akan membuat penderitanya kehilangan kendali dan tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Penyakit ini memang jarang terjadi pada seseorang, namun jika seseorang mengalaminya maka akan menyebabkan mentalnya terganggu secara emosional,sehingga penderita akan merasa malu untuk mencari pengobatannya.

Penyakit ini umumnya muncul pada saat remaja, namun kadang juga bisa muncul setelah beranjak dewasa. Mereka yang menderita kleptomania sering melakukan aksinya di tempat umum, seperti di warung, toko ataupun supermarket. Penyakit kleptomania dapat menimpa siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, atau bahkan bisa di alami oleh mereka yang berusia tua.

Apa Sajakah Penyebab Kleptomania?

Penyebab kleptomania belum dapat diketahui secara pasti. Namun, beberapa teori menyatakan bahwa kleptomania dapat terjadi akibat adanya perubahan zat kimia dalam otak. Hal tersebut berkaitan dengan masalah kimiawi yang terjadi di dalam otak yaitu Serotin. Serotinlah yang umumnya mengatur suasana hati dan emosi pada diri seseorang.

Kleptomania juga dapat disebabkan oleh kecanduan mencuri untuk melepaskan dopamin. Dopamin sendiri yaitu suatu kondisi dimana seseorang akan merasa senang dan seseorang akan mencari perasaan senang ini secara terus menerus.

Adapun beberapa faktor seseorang akan beresiko mengalami kleptomania, diantaranya;

  • Faktor keturunan. Kleptomania sangat rentan terjadi pada seseorang dari keluarga yang memiliki penyakit kleptomania, pengguna narkoba, ataupun pecandu alkohol.
  • Memiliki riwayat penyakit mental. Penderita kleptomania umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki gangguan mental.
  • Jenis Kelamin. Kleptomania lebih sering di derita oleh wanita.

Lalu, apa sajakah gejala-gejala seseorang mengalami kleptomania?

Penderita kleptomania sangat berbeda dengan pencuri kriminal. Berikut adalah beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita kleptomania:

  • Pada dasarnya penderita kleptomania sangat sulit menolak dorongan untuk mencuri.
  • Umumnya penderita akan merasa cemas sekaligus tegang ketika hendak mencuri.
  • Akan merasa senang saat mencuri.
  • Akan merasa sangat bersalah dan menyesal ketika sudah melakukan pencurian.
  • Timbulnya rasa keinginan untuk mencuri.

Apa sajakah ciri-ciri penyakit kleptomania?

Berikut adalah ciri-ciri seseorang tengah menderita kleptomania yang harus Anda ketahui,diantaranya:

  • Pencurian yang dilakukan tidak disebabkan oleh gangguan mental.
  • Stress sebelum melakukan pencurian.
  • Akan merasa senang jika sudah berhasil mencuri.
  • Muncul rasa tegang sebelum mengambil sesuatu.
  • Tidak merasa bersalah atas tindakannya.
  • Akan menimbulkan rasa cemas yang berlebih pada penderita.
  • Langsung mengambil barang.
  • Biasanya hanya akan mengambil barang yang tidak berharga.
  • Akan terus melakukan tindakannya tanpa memiliki rasa jera.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Kleptomania?

Kleptomania merupakan suatu kondisi yang menyerang gangguan mental yang tidak dapat dianggap remeh. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan penanganan yang tepat, akan memicu timbulnya penderitaan bagi pengidap ataupun keluarganya.

Sebagian besar orang yang mengidap kleptomania akan menahan rasa malu akibat adanya gangguan mental tersebut, bahkan bisa timbul rasa takut akan ditangkap dan di penjara. Hal inilah yang membuat penderitanya enggan untuk mencari bantuan profesional untuk menanganinya.

Cara mengatasi kleptomania dapat dilakukan dengan penanganan psikoterapi atau obat-obatan yang di resepkan dokter, hal tersebut bertujuan untuk membantu menekan tindakan pencurian secara kompulsif oleh penderita kleptomania.

Pengobatan dengan cara psikoterapi pada pengidap kleptomania ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan psikologis yang dialami sebagai pemicunya.

Pengobatan dengan menggunakan obat-obatan juga dapat Anda lakukan untuk melengkapi terapi psikologis bagi pengidap kleptomania. Adapun obat yang sering digunakan yaitu fluoxetine, fluvoxamine, paroxetine dan sertraline. Penggunaan obat tersebut dapat meningkatkan kadar serotin pada otak.

Cara Mengatasi Kleptomania Pada Anak

Kleptomania dapat terjadi pada siapa saja, salah satunya pada anak-anak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kleptomania pada anak-anak.

  • Selalu libatkan anak dalam setiap kegiatan.
  • Selalu berikan perhatian pada anak.
  • Lakukan konsultasi dengan ahlinya.
  • Selalu memberikan anak kasih sayang.

Demikianlah informasi seputar penyebab, gejala dan cara mengatasi kleptomania. Semoga apa yang telah admin sampaikan diatas dapat menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: