Cara Mengatasi Keracunan Karbon Monoksida

Cara Mengatasi Keracunan Karbon Monoksida-, Terimakasih telah berkunjung di situs www.jamuwalatra.com yang mana selalu menyediakan informasi seputar kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Adapun pada kesempatan ini, kami akan membahas terkait cara mengatasi keracunan karbon monoksida yang diulas secara lengkap berikut gejala dan penyebabnya. Lalu apa itu keracunan karbon monoksida ? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Keracunan Karbon Monoksida Secara Efektifcara mengatasi keracunan karbon monoksida

Karbon monoksida disebut-sebut dengan silent killer karena dapat membunuh secara diam-diam. Karbon monoksida merupakan gas beracun yang tidak berbau dan tidak berwarna. Hal inilah yang membuat kita tidak menyadari jika kita menghirup gas berbahaya ini. Seperti pada kasus kematian yang dialami oleh vocalis grup K-Pop Shinee, Kim Jonghyun beberapa waktu lalu setelah secara sengaja menghirup gas karbon monoksida untuk mengakhiri hidupnya.

Penyebab Keracunan Karbon Monoksida

Saat bahan dibakar tidak dibakar dengan sempurna karena tidak cukupnya persediaan oksigen maka akan menghasilkan gas karbon monoksida. Karbon monoksida (CO) dihasilkan dari knalpot kendaraan, bahan bakar untuk tungku pembakaran, pembangkit listrik batu bara, mesin berbahan kecil, generator portabel bertenaga bensin, mesin penyemprot air, perpain, panggangan arang, dan bahan bakar padat atau kayu.

Keracunan karbon monoksida dapat terjadi pada siapapun. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan anda mengalami keracunan karbon monoksida diantaranya menggunakan alat pemanggang outdoor didalam ruangan dan bekerja dengan mesin didalam ruangan tertutup.

Gejala Keracunan Karbon Monoksida

Jika karbon monoksida terhirup, karbon monoksida ini akan berkaitan dengan hemoglobin atau sel darah merah yang seharusnya mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Banyak sekali penderita yang tidak menyadari dirinya keracunan karbon monoksida. Hal ini dikarenakan beberapa gejala yang muncul tidak nampak jelas karena mirip dengan keracunan makanan atau gejala flu. Berikut ini beberap gejala yang dirasakan saat mengalami keracunan karbon monoksida, diantaranya ;

  • Sakit kepala tegang
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Rasa lelah
  • Linglung
  • Sakit maag
  • Nyeri dada
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mata buram

Adapun jika penderita terus terpapar karbon monoksida dan menghirupnya dalam jumlah yang tinggi, akan timbul beberapa gejala seperti, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, gangguan penglihatan, penurunan fungsi memori, kejang, vertigo, sesak nafas, angina pektoris, pingsan bahkan koma.

Apabila menghirup karbon monoksida dengan terus menerus akan menyebabkan kematian yang tidak disadari tanpa menimbulkan gejala apapun. Jika anda mengalami kekhawatiran akan suatu gejala, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasikan dengan dokter bagaimana cara mengatasi keracunan karbon monoksida.

Cara Mengatasi Keracunan Karbon Monoksida

Untuk cara mengatasi keracunan karbon monoksida, dokter akan mendiagnosis keracunan karbon monoksida dari gejala yang dirasakan. Selepas itu, dokter akan memberikan oksigen murni untuk mengembalikan kadar normal oksigen dalam darah. Pemberian oksigen murni akan tetap dilakukan walaupun karbon monoksida meningkat hemoglobin (Hb) 230-270 kali lebih kuat dibandingkan dengan oksigen, karena pemberian oksigen murni 100% dapat mempercepat lepasnya ikatan karbon monoksida dengan Hemoglobin.

Selain itu cara mengatasi keracunan karbon monoksida, dokter akan memberikan oksigen tekanan tinggi melalui terapi oksigen hiperbarik (TOHB) dipercaya mampu mengurangi gejala gangguan saraf lebih baik dibandingkan dengan hanya diberikan oksigen murni. Terapi ini akan dilakukan untuk orang-orang dengan tingkatan carboxy-hemoglobin lebih tinggi dari 40%, orang yang koma atau tidak sadarkan diri, dan wanita hamil yang memiliki tingkat karbon lebih tinggi dari 15%.

Adapun selain itu, berikut ini beberapa gaya hidup sebagai cara mengatasi keracunan karbon monoksida yang dapa anda lakukan ;

  • Jauhi tempat tertutup dengan mesin
  • Periksa dan pantau kelayakan pemanas air, kompor gas, perapian atau alat apapun yang menggunakan gas, minyak dan batu bara didalam rumah.
  • Tentukan tingkat waspada karbon monoksida di rumah dan tempat kerja
  • Jangan membakar arang didalam rumah karena pembakaran arang memproduksi karbon monoksida
  • Jangan menggunakan generator didalam ruangan

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi keracunan karbon monoksida. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk membagikan informasi ini di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lainnya.

Tags: