Cara Mengatasi Kepribadian Ganda

Cara Mengatasi Kepribadian Ganda-, Selamat berkunjung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com yang selalu menyediakan informasi kesehatan terupdate. Pada kesempatan ini kami akan mengulas terkait cara mengatasi kepribadian ganda. Lalu apa anda tahu tahu apa itu kepribadian ganda? Mari simak informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi Kepribadian Ganda, Penyebab dan Gejalanya

cara mengatasi kepribadian ganda

Kepribadian ganda merupakan gangguan psikologis dimana seseorang memiliki dua (atau lebih) pribadi yang ada pada diri mereka. Tanda-tanda kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian lain yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukanya.

Meski belum dikatahui secara pasti, sebuah penelitian menunjukan bahwa sekitar 90% penderita kepribadian ganda ini disebabkan oleh kejadian traumatis yang dialami sesorang tersebut dimasa kecilnya. Bentuk trauma ini dapat berupa kekerasan fisik atau emosional yang terjadi secara berulang-ulang. Penelitian juga menduga bahwa pola suh orangtua yang sering membuat anak merasa takut bisa membuat anak mengalami kepribadian ganda.

Ciri-ciri kepribadian ganda

  • Ada tindakan yang kadang tidak disadarim serta perilaku yang masing-masing tidak sama dan cenderung berlawanan.
  • Fisik sakit ketika berpindah kepribadian, hal ini belum diketahui pasti alasanya.
  • Tidak mengingat waktu secara jelas, tidak menyadari waktu berjalan karena tidak ingat apa yang sedang anda lakukan. Hal ini dapat terjadi saat tertidur dan karakter akan mengendalikan tubuh anda.
  • Tidak mengingat waktu secara jelas
  • Lupa terhadap dirinya sendiri atau amnesia.
  • Merasa depresi, tidak bahagia dengan keadaan diri anda
  • Tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas.
  • Sering mengalami gejolak batin.
  • Menjadi paranoid untuk hal-hal yang bahkan tidak tahu penyebabnya.

Cara mengatasi kepribadian ganda

Hingga saat ini, belum ada metode pengobatan yang pasti untuk pengobatan kepribadian ganda. Meskipun demikian, terapi panjang dengan sikoterapi juga dapat membantu. Psikoterapi juga membantu penderita agar memahami kondisi yang dialami, sehingga dapat menghadapi serta mengatasi kondisi tersebut.

Pemberian obat antidepresan dan obat penenang kadang dibutuhkan untuk mengatasi gejala gangguan mental lainnya yang berhubungan dengan kepribadian ganda. Dengan terapi yang tapat dan berkelanjutan, individu yanag menderita gangguan kepribadian ganda bisa menjalani hidupnya dengan normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda!

Tags: