Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin

Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin – Selamat bergabung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com situs penyedia berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan penjualan obat herbal secara online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi kecanduaan nikotin beserta penyebab dan gejalanya. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin

Kecanduan nikotin merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami ketergantungan pada zat nikotin yang terdapat di dalam produk olahan hasil dari tanaman tembakau, seperti rokok. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi tidak bisa lepas dari pengaruh nikotin, perlu Anda ketahui bahwa nikotin ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Nikotin sendiri dapat menimbulkan efek kesenangan sementara di otak, yang akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya akan sangat ketergantungan. Akibatnya orang dengan kecanduan nikotin akan merasa sangat cemas dan mudah sekali marah jika tubuhnya tidak mendapat asupan nikotin. Nikotin sendiri memiliki kandungan racun di dalamnya yang dapat menyebabkan seseorang yang kecanduan nikotin memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung, stroke, dan kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Apa Saja Penyebab Seseorang Mengalami Kecanduan Nikotin?

Kecanduan nikotin sendiri dapat terjadi akibat merokok atau mengkonsumsi produk hasil olahan tembakau lainnya, seperti permen karet atau plaster rasa tembakau. Individu yang tidak terlalu sering merokok pun juga memiliki resiko yang tinggi mengalami kecanduan nikotin, hal ini dikarenakan sifat nikotin yang sangat adiktif.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang mengalami kecanduan nikotin, diantaranya:

  • Depresi. Penelitian menunjukan jika hubungan antara merokok dan gangguan mental seperti depresi, skizofrenia.
  • Lingkungan. Anak-anak yang tumbuh dilingkungan perokok cenderung akan menjadi perokok
  • Usia. Jika seseorang mulai merokok saat usia masih muda, ada kemungkinan jika sudah dewasa seseorang tersebut akan menjadi perokok berat.
  • Penyalahgunaan NAPZA. Pada dasarnya orang yang kecanduan alkohol dan ketergantungan NAPZA juga cenderung menjadi perokok.
    Genetik.

Apa Saja Gejala Kecanduan Nikotin?

Berikut adalah beberapa gejala atau tanda-tanda seseorang kecanduan bikotin, antara lain:

  • Suasana hati yang memburuk. Biasanya jika seseorang mecoba berhenti merokok akan merasakan rasa cemas, depresi, gelisah, diare, insomnia, mudah marah, konstipasi, dan sangat sulit berkonsentrasi.
  • Tidak Sanggup berhenti merokok. Penderita juga akan merasa tidak sanggup lagi untuk berhenti merokok.
  • Hindari lingkungan bebas rokok. Hindari lingkungan tempat orang-orang biasanya merokok dan berhenti bergabung berasama orang-orang tertentu yang membuat penderita tidak dapat merokok.
  • Tetap merokok saat menderita sebuah penyakit. Misalnya seseorang sudah divonis terkena gangguan paru-paru atau jantung, namun orang tersebut tetap merokok.

Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keberhasilan berhenti merokok, diantaranya:

  • Konseling

Pada saat Anda konseling, dokter akan menilai riwayat kecanduan yang dialami, kondisi kesehtan, dan tingkat kecanduan. Selain itu, dokter juga akan memberi saran dan membantu pasien agar pasien termotivasi untuk berhenti merokok. Peran konseling sendiri untuk pasien dengan kecanduan nikotin adalah untuk membangkitkan motivasi pasien agar mengubah kebiasaannya. Nantinya konselor akan membantu pasien membuat rencana untuk berhenti merokok dan juga akan memberi saran tentang bagaimana cara menghindari situasi yang membuat mereke merokok.

  • Olahraga Yang Rutin

Pada umumnya nikotin akan membangkitkan suasana hati yang kacau. Itulah sebabnya orang-orang memilih merokok untuk melampaskan emosi dan amarahnya. Padahal kenyataannya efek ini hanya sementara dan justru akan membuat penderitanya mengalami kecanduan nikotin.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk berolahraga secara rutin, hal ini dilakukan untuk mengembalikan modd Anda setiap harinya. Anda dapat berolahraga 30 menit setiap harinya agar bisa mengalahkan rasa lelah setelah berhenti merokok. Olahraga juga berperan sebagai obat stres yang alami.

  • Obat-obatan

Terdapat berbagai macam obat-obatan yang bisa diberikan dokter untuk menghentikan kecanduan nikotin, diantaranya adalah dengan melakuakn terapi pengganti nikotin. Pada tahap ini perokok bisa mengganti rokok dengan menggunakan plaster nikotin, permen karet nikotin ataupun obat semprot nikotin dan obat hisap nikotin. Terapi ini akan memberikan nikotin dalam jumlah kecil, sehingga secara perlahan tumbuh penderita akan mampu mengatasi kecanduan nikotin.

Anda juga dapat menggunakan beberapa obat lain seperti veraniciline dan buproion. Veraniciline akan meniru efek nikotin dalam tubuh dan mencegah timbulnya gejala putus zat, sedangkan buproion akan bekerja dengan mengubah kadar sejumlah zat kimia diotak.

Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin dengan Makanan

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu cara mengatasi kacanduan nikotin, diantaranya:

  • Oat. Anda bisa mencampur ground oat dengan dua mangkuk air rebus, kemudian diamkan semalaman. Anda dapat memakannya beberapa jam setelah makan.
  • Permen karet. Anda dapat mengubah kebiasan merokok dengan mengkonsumsi permen karet.
  • Susu. perbanyak mengkonsumsi susu setiap harinya.
    Jeruk. Anda harus rutin mengkonsumsi jeruk, baik itu dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi jus.
  • Wortel. Perbanyak mengkonsumsi wortel, Anda dapat mengolah wortel manjadi jus.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi kecanduan nikotin beserta penyebab dan gejalanya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih

Tags: