Cara Mengatasi Kardiomegali – Penyebab dan Faktor yang Meningkatkan Risiko

Cara Mengatasi Kardiomegali -, Jantung merupakan bagian terpenting didalam tubuh kita,apabila jantung kita terdapat masalah seperti terjadinya kardiomegali atau pembesaran jantung,maka hal itu dapat menyiksa diri kita sendiri.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang mana merupakan situs resmi dalam menyampaikan berbagai informasi menarik terkait kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang cara mengatasi kardiomegali.

cara mengatasi kardiomegali

Cara Mengatasi Kardiomegali

Kardiomegali adalah sebuah kondisi anatomis (struktur organ) yang mana besar jantung lebih besar dari ukuran normal,yaitu lebih besar 55% dari besarnya rongga dada. Pembesaran ini di akibatkan oleh penyakit tertentu, misalnya hipertensi. Pembesaran jantung ini terjadi ketika otot bekerja dengan terlalu keras sehingga terjadi penebalan,atau disaat bilik pada jantung melebar. Keadaan seperti ini menyebabkan darah tidak dapat terpompa dengan efektif,sehingga hal itu bisa memicu terjadinya gagal jantung.

Gejala

Awalnya kardiomegali tidak menimbulkan keluhan yang nyata. Akan tetapi,jika jantung mengalami pembesaran yang signifikan sehingga dapat mengganggu fungsinya,barulah penderita akan mengalami beberapa keluhan.

Keluhan yang biasanya dirasakan oleh penderita yakni nafas sesak,batuk,terjadinya pembengkakan pada tubuh serta mudah sekali lelah. Jika terdapat sumbatan di pembuluh darah jantung,maka penderita akan mengeluhkan nyeri pada bagian dada.

Penyabab Terjadinya Kardiomegali

Cara Mengatasi Kardiomegali-, Pembengkakan jantung ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat membuat jantung memompa terlalu keras atau dapat merusak otot pada jantung. Namun pada sebagian orang dapat mengalami kardimegali sejak lahir dengan kondisi jantung bawaan ataupun adanya kerusakan yang di akibatkan oleh serangan jantung serta detak jantung yang memang abnormal sehingga bisa membuat jantung menjadi bengkak. Di samping itu ada beberapa kondisi yang dapat dipertimbangkan,seperti :

  • Tekanan darah yang tinggi sehingga membuat ventrikel kiri menjadi bengkat atau membesar,dan berdampak lemahnya otot jantung di karenakan harus kebih keras nuntuk memompa darah dalam tubuh.
  • Penyakit yang terjadi pada katup jantung
  • Penyakit pada otot jantung yang bisa mempermudah jantung untuk membengkak,karena memaksakan untuk memompa banyak darah untuk tubuh.
  • Cairan yang berada di sekitar jantung
  • Anemia
  • Terdapatnya kelenjar tiroid
  • Hemokromatosis (besi yang berlebih di dalam tubuh)

Faktor yang meningkatkan risiko terjadinya Kardiomegali

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko timbulnya pembesaran jantung,diantaranya :

  • Tekanan darah tinggi
  • Riwayat keluarga
  • Mengidap penyakit jantung koroner
  • Penyakit jantung bawaan ketika lahir
  • Terdapatnya penyakit pada katup jantung
  • Memiliki riwayat serangan jantung

Cara Mengatasi Kardiomegali

Kondisi ini lebih baik di tangani sesegera mungkin begitu gejalanya mulai terdeteksi,agar tingkat keberhasilan dalam pengobatan pun lebih tinggi. Pengobatan yang dilakukan berfokus terhadap mengatasi penyebab pembesaran jantung tersebut. Tindakkan yang dapat dilakukan yakni dengan pemberian obat atau operasi,tergantung dari penyebab serta tingkat keparahannya.

Cara mengatasi kardiomegali yang diakibatkan atau disebabkan oleh hipertensi yang meningkatkan fungsi pompa jantung,dokter pun akan memberikan resep obat ACE inhibitors atau yang biasa di sebut dengan obat penghambat beta (beta blockers),salah satunya bisoprolol. Jika pasien tidak dapat mengonsumsi obat tersebut,maka dokter pun bisa menggantikannya dengan obat ARB. Bukan hanya itu,obat diuretik juga bisa diberikan guna mengurangi natrium dan juga air yang ada di dalam tubuh agar tekanan darah menurun serta membantu mengurangi pembengkakan.

Sedangkan apabila penyebabnya berkaitan dengan irama pada detak jantung,maka dokter akan meresepkan obat antriaritmia,misalnya digoxin. Jika penderita atau pasien berisiko terkena stroke ataupun serangan jantung maka bisa di tambahkan obat untuk pengencer darah.

Apabila dengan pemberian obat-obatan belum ampuh untuk mengatasi penyebab kardiomegali,maka dibutuhkan prosedur pembedahan atau operasi. Prosedur tersebut meliputi :

  • Pemasangan alat yang bernama ICD (implantable cardioverter-defibrillator). Alat yang digunakan untuk pemantauan serta pengendali irama pada jantung.
  • Dilakukannya operasi bypass jantung. Operasi yang dapat dilakukan pada pasien yang mengidap penyakit jantung koroner.
  • Operasi perbaikan pada katup jantung yang dilakukan untuk pasien yang menderita penyakit katup jantung. Penanganan seperti ini berguna untuk mengganti katup yang tengah bermasalah.
  • Pencangkokan pada jantung atau transplantasi jantung. Hal ini dapat jadi pilihan yang terakhir apabila berbagai prosedur medis yang lain tidak bisa mengatasi masalah kardiomegali.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tentang cara mengatasi kardiomegali lengkap dengan penyebab dan faktor yang dapat meningkatkan risikonya. Semoga apa yang kami paparkan kali ini dapat mermanfaat serta dapat merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat,agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Salam sehat !

Tags: