Cara Mengatasi Kanker Mata

Cara Mengatasi Kanker Mata-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi penyedia informasi kesehatan berbagai macam penyakit serta cara mengatasinya. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengatasi kanker mata yang dikemas secara lengkap dengan berbagai jenis, gejala dan penyebabnya.

Penyakit bisa menyerang tubuh bagian mana saja, tidak terkecuali juga pada mata. Mata merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita untuk menikmati segala keindahan yang ada di dunia. Kesehatan mata adalah anugerah yang tidak dapat dibayar dengan apapun, melihat begitu sangat berharganya mata bagi kehidupan kita. Untuk itu menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan. Simak artikel cara mengatasi kanker mata dibawah ini supaya anda bisa mendeteksi adanya kanker mata sejak dini.

Cara Mengatasi Kanker MataCara Mengatasi Kanker Mata, Jenis, Gejala dan Penyebabnya

Kanker mata terjadi karena sel-sel jaringan pada mata tumbuh tanpa terkendali dan menyebar ke daerah yang lain dan dapat merusak sel-sel normal disekitarnya. Kanker mata ini dapat beresiko kebutaan, komplikasi ke bagian tubuh lain dan kematian.

Kanker mata adalah penyakit yang berbahaya, sehingga penanganan sejak dini harus dilakukan sebelum sel kanker bertambah parah dan menyebar. Namun sayangnya gejala awal kanker mata sulit untuk dideteksi. Seseorang yang terkena kanker mata biasanya baru menyadari saat kanker mata nya sudah memasuki kondisi yang parah dan perkembangan sel kankernya lebih cepat. Untuk mengetahui gejalanya simak artikel cara mengatasi kanker mata yang dikemas lengkap dengan jenis jenis kanker mata diantaranya adalah :

Jenis-Jenis Kanker Mata

Berdasarkan jenisya, kanker mata dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Retinoblastoma. Kanker mata yang banyak menyerang anak-anak yang muncul akibat terjadinya mutasi genpada retina yang menyebabkan sel-sel retina membelah dengan cepat dan menyebar ke jaringan mata serta tubuh lainnya. Kanker mata jenis ini dapat terjadi pada salah satu staupun kedua mata.
  • Melanoma intraokular. Kanker mata yang terjadi pada jaringan bola mata. Kanker mata jenis ini merupakan kanker mata yang sering terjadi pada sel-sel penghasil pigmen atau melanosit yang terletak pada jaringan uvea.
  • Limfoma intraokular. Kanker mata yang terjadi pada sel-sel kelenjar getah bening didalam mata.

Selain  itu, kanker mata juga bisa terjadi pada orbita dan adneska mata yaitu :

  • Kanker kelopak mata
  • Kanker Orbita. Kanker yang terjadi pada otot-otot penggerak bola mata dan jaringan ikat bola mata.
  • Melanoma konjungtiva. Konjugtiva merupakan membran yang melapisi kelopak mata dan bola mata. Melanoma konjungtiva terlihat seperti noda hitam pada mata.
  • Tumor kelenjar air mata.

Gejala Kanker Mata

  • Kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan
  • Terdapat bintik gelap pada iris
  • Kelopak mata membengkak
  • Mengalami gangguan penglihatan
  • Jangkauan dan lapang pandang
  • Melihat benda-benda seperti beterbangan(floaters),garis-garis, atau bintik-bintik.
  • Melihat kilatan-kilatan cahaya.
  • Mata merah dan mengalami peradangan

Gejala kanker mata bisa diatasi jika dilakukan pengobatan sejak dini, kami akan memberi cara mengatasi kanker mata berikut penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Kanker Mata

Penyebab kanker mata saat ini belum diketahui secara pasti, namun menurut penelitian, kanker mata disebabkan oleh perubahan DNA pada gen yang mengatur pembelahan sel jaringan mata. Perubahan DNA pada gen tersebut dapat menyebabkan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi, sehingga sel-sel mata membelah diri tanpa terkendali. Namun, terbukti bahwa kanker mata dapat berkaitan dengan karakteristik bawaan atau kondisi kesehatan, seperti :

  • Warna mata yang lebih terang, hijau, biru, atau abu karena mata yang lebih terang memiliki pigmen yang kurang untuk melindungi dari sinar UV berbahaya.
  • Berkulit putih
  • Memiliki kelainan seperti memiliki banyak tahi lalat atau bercak hitam pada mata.

Khusus untuk penyebab kanker retinoblastoma, saat ini belum diketahui secara pasti. Sedangkan limfoma intrakular, lebih mudah terjadi pada penderita HIV/AIDS.

Cara Mengatasi Kanker Mata dan Pengobatanya

Untuk cara mengatasi kanker mata, pemeriksaan terhadap gejala kanker mata sangatlah penting untuk mendeteksi kanker mata sejak dini. Dokter specialis mata akan melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami, kemampuan penglihatan, pergerakan bola mata, pembuluh darah mata, dan mengecek cairan bening seperti jelly didalam bola mata.

Beberapa metode cara mengatasi kanker dengan pengobatan :

  • Pembedahan. Dilakukan untuk mengangkat bagian dari iris untuk mengobati melanoma iris berukuran kecil, menganagkat bagian dari iris dan bagian luar bola mata, mengangkat bagian iris beserta sebagian badan siliaris, mengangkat kanker melanoma pada koroid atau badan, mengangkat seluruh bola mata dan prosedur ini dilakukan untuk melanoma yang berukuran besar.
  • Kemoterapi. Kemoterapi dilakukan apabila kanker menyebar, pengobatan dilakukan dengan obat kimia yang disuntikan langsung ke daerah mata kedalam cairan serebrospinal, atau diberikan melalui aliran darah secara sistemik. Kemoterapi ini diberikan kepada penderita retinoblastoma atau limfoma intraokular.
  • Terapi laser. Untuk menghancurkan jaringan kanker yang dilakukan pada pasien penderita melanoma intraokular dan retinoblastoma yang kecil dan tidak boleh untuk penderita limfoma intraokular.
  • Radioterapi. Pengobatan yang dilakukan dengan menembakan sinar-X berenergi tinggi pada jaringan kanker. Kelebihannya dibandingkan pembedahan adalah resiko kehilangan penglihatan dan kerusakan bola mata dapat dihindari. Berikut ini adalah 2 jenis radioterapi yang diberikan :
  • Brakiterapi, dilakukan dengan memasukan pelat radioaktif berukuran kecil di daerah sekitar nata yang dekat dengan jaringan kanker. Brkiterapi dapat digunakan untuk mengobati melanoma dan retinoblastoma
  • ¬†Radioterapi eksternal, dilakuka dengan menembakan sinar-X yang difokuskan ke mata. Pengobatan ini digunakan pada penderita limfoma intraokular dan retinoblastoma. Radioterapi ini meningkatkan resiko katarak, glaukoma, pendarahan mata dan ablasi retina.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi kanker mata yang dikemas lengkap dengan jenis, gejala dan penyebabnya. Adapun untuk menjaga kesehatan mata anda harus memperbanyak mengkonsumsi vitamin A. Terimakasih telah menyimak cara mengatasi kanker mata sampai selesi, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan share di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lain, jangan lupa kritik dan saran diisi pada kolom komentar. Salam sehat

Tags: