Cara Mengatasi Hiperparatiroidisme

Cara Mengatasi Hiperparatiroidisme-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi kesehatan terkait hiperparatiroidisme, gejala, penyebab dan cara mengatasi hiperparatiroidisme. Namun sebelum ke pembahasan, apakah anda tahu apa itu hiperparatiroidisme ?

Cara Mengatasi Hiperparatiroidisme, Gejala dan Penyebabnya

cara mengatasi hiperparatiroidisme

Kelenjar paratiroid adalah empat kelenjar endokrin sebesar kacang polong yang terletak pada leher. Kelenjar paratiroid memproduksi hormon paratiroid yang berfungsi untuk menyimbangkan kalsium dan fosfat dalam aliran darah yanag dibutuhkan untuk membantu tulang dan gigi menjadi keras, membekukan darah setelah cedera dan mendukung kerja otot dan saraf agar berfungsi dengan baik.

Saat kelenjar paratiroid menghasilkan banyak hormon paratiroid hal ini disebut dengan hiperparatiroid. Tingginya hormon paratiroid ini akan menyebabkan kadar kalsium dalam darah meningkat dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Kondisi ini umum sekali terjadi, namun lebih serig terjadi pada wanita.

Apa penyebab hiperparatiroidisme ?

Hiperparatiroidisme disebabkan oleh kelenjar paratiroid menghasilkan hormon paratiroid berlebihan. Adapun berdasarkan jenisnya, hiperparatiroidisme juga tebagi dalam 3 jenis yaitu hiperparatiroidisme primer hal ini disebabkan oleh adanya tumor jinak (adenoma) atau pembesaran kelenjar paratiroid. Hiperparatiroidisme sekunder atau terjadi karena adanya gangguan gagal ginjal kronis, gangguan penyerapan makanan dan kekurangan vitamin. Serta hiperparatiroidisme tersier.

Apa tanda-tanda gejala hiperparatiroidisme ?

Gejala hiperparatiroidisme bervariasi tergatung dari penyebabnya. Namun pada umumnya gejala yang muncul seperti ;

  • Nyeri tulang dan sendi
  • Mual dan muntah serta nafsu makan menurun
  • Nyeri pada perut (sembelit atau konstipasi)
  • Banyak mengeluarkan urine
  • Kelelahan dan lemas
  • Konsentrasi hilang
  • Depresi atau cepat lupa

Cara mengatasi hiperparatiroidisme

Saat hasil pemeriksaan menunjukan kadar kalsium dan hormon paratiroid yang tinggi namun fosfat rendah, maka anda diduga menderita hiperparatiroidisme. Sebagai upaya cara mengatasi hiperparatiroidisme sebelumnya dokter akan melakukan pemeriksaan tes urine, tes kepadatan tulang, pemindaian ginjal, pemindaian DEXA dan biopsi kelenjar paratiroid.

Selama hal ini, penderita harus memperhatikan hal-hal seperti banyak mengkonsumsi air putih untuk membersihkan urine dan mengurangi resiko batu ginjal. Berolahraga secara teratur agar dapat memeprkuat tulang. Tidak merokok dan menghindari obat-obatan yang meningkatkan kadar kalsium seperti lithinum atau diuretik. Memperhatikan asupan kalsium dan vitamin D.

Demikianlah ulasan terkait cara mengatasi hiperparatiroidisme. Semoga informasi bermanfaat dan jangan lupa untuk berikan kritik dan saran di kolom komentar.

Tags: