Cara Mengatasi Hidradenitis Suppurativa

Cara Mengatasi Hidradenitis Suppurativa-, Selamat berkunjung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi penyedia informasi kesehatan. Adapun pada kesempatan ini kami akan memberikak informasi terkait cara mengatasi hidradenitis suppurativa. Lalu apakah anda tahu apa itu hidradenitis suppurativa ?

Cara Mengatasi Hidradenitis Suppurativa, Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis Suppurativa adalah penyakit kulit kronis (kambuh) yang timbul pada kulit yang memiliki rambut dan kelenjar keringat. Kondisi ini ditandai dengan adanya benjolan sebesar kacang yang terasa nyeri dan berisi nanah. Ini bisa terjadi pada area pergesekan kulit seperti ketiak atau lipatan paha.

Apa penyebab hidradenitis suppurativa

Sampai saat ini penyebab Hidradenitis Suppurativa belum diketahui secara pasti. Namun diduga hal ini disebabkan karena adanya pori-pori yang tersumbat dan adanya kotoran yang masuk kedalam pori-pori tersebut sehingga folikel rambut dapat membengkak dan pecah atau terinfeksi. Faktor hormon dan respon kekebalan tubuh juga dianggap berpengaruh.

Adapun beberapa faktor yang meningkatkan resiko Hidradenitis Suppurativa diantaranya seperti faktor usia yang umumnya terjadi pada usia 20-29 tahun, faktor keturunan, jenis kelamin yang lebih sering terjadi pada wanita, hingga faktor lain seperti faktor kebiasaan merokok, obesitas dan menderita diabetes.

Apa tanda-tanda gejala hidradenitis suppurativa ?

Hidradenitis Suppurativa ditandai dengan adanya benjolan kulit di ketiak, payudara (dibawah payudara), lipat paha, paha bagian dalam, dan di area sekitar dubur tepatnya di belakang bokong.

Benjolan akan terasa sakit dan gatal teksturnya keras dan meradang. Kadang benjolan hilang dalam 10-30 hari namun juga dapat menjadi abeses (bernanah). Meski benjolan tersebut hilang, benjolan dapat timbul kembali dan meninggalkan bekas luka bupa komedo yang berwarna hitam.

Benjolan tersebut dapat muncul di satu atau beberapa area, namun terpisah dengan yang lain tanpa membentuk jaringan parut. Namun jika kondisi ini parah, maka benjolan tersebut dapat muncul di beberapa area dan terhubung oleh aliran sinus.

Bagaimana cara mengatasi hidradenitis suppurativa ?

Untuk cara mengatasi hidradenitis suppurativa, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat untuk membantu mengendalikan rasa sakit, mendorong pemulihan luka, mencegah benjolan baru yang muncul dan mencegah komplikasi.

Dokter juga akan menyerankan untuk konsumsi antibiotik, pemakaian antiseptik yang memiliki kandungan chlorhexidine untuk digunakan setiap hari pada area yang sakit. Jika diperlukan, hidradentitis suppurativa juga dapat ditangani dengan operasi dengan cara mengiris bisul dan membuang nanah, membuang kulit di area yang mengalami kelainan dan ditutup dengan prosedur cangkok kulit.

Masing-masing perawatan kemungkinan akan berefek samping. Untuk itu jika anda mulai mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda.

Adapun beberapa perubahan gaya hidup yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi hidradenitis suppurativa dengan cara mengurangi berat badan berlebih, berhenti merokok, hentikan mencukur area yang berjerawat, kenakan pakaian yang longgar, jaga kulit tetap sejuk, atasi stress.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi hidradenitis suppurativa, gejala dan penyebabnya. Terimakasih telah menyimak, jangan lupa untuk masukan, kritik dan saran anda di kolom komentar. Salam sehat.

Tags: