Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental-, Selamat berkunjung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com yang selalu menyediakan informasi terkait kesehatan terupdate. Adapun pada kesempatan ini kami mengulas tekait cara mengatasi gangguan kesehatan mental. Lalu apa saja gangguan kesehatan mental itu ? Mari simak informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

cara mengatasi gangguan kesehatan mental

Kesehatan mental yanag baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang. Seseorang yang memiliki mental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Berbeda dengan seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental. Dia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir serta kendali emosi yang akhirnya bisa mengarah pada perilaki buruk.

Gangguan kesehatan mental ini akan menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis masalah kesehatan mental yang umumnya terjadi :

  • Stress

Dimana seseorang mengalami tekanan yang sangat berat secara emosi maupun mental. Seseorang yang stress akan tampak gelisah, mudah tersinggung, mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasuu dan memicu depresi.

Banyak sekali gengguan yanag menyebabkan seseorang mengalami stress seperti masalah keuangan, hubungan sosial, atay tuntunan didalam pekerjaan. Untuk mengatasinya anda dapat mengaplikasikan nasihat-nasihat baik yang disarankan, seperti :

Belajar menerima sesuatu masalah yang sulit, selalu berfikir positif dan memandang bahwa segala sesuatu yang terjadi didalam hidup ini ada hikmahnya, meminta saran dari orang terpercaya untuk mengatasi masalah, belajar mengendalikan diri dan selalu aktif dalam mencari solusi, melakukan aktifitas fisik dengan meditasi atau rekalsasi untuk menenangkan fikiran, melakukan hal-hal baru yang menantang dan lain dari biasanya guna meningkatkan rasa percaya diri.

  • Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah kondisi psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas berlebihan secara konstan dan sulit dikendalikan, sehingga berdampak buruk pada kehidupan sehari-harinya.

Meskipun penyebab gangguan kecemasan belum diketahui secara pasti, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu munculnya kondisi tersebut. diantaranya adalah trauma akibat intimidasi, pelecehan dan kekerasan di lingkungan luar maupun keluarga.

Sebenarnya, gangguan kecemasan dapat diatasi dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, cukup tidur, mengurangi asupan kafein, minuman beralkohol atau zat penenang lainnya, tidak merokok, berolahraga secar rutin, dan melakukan metode relaksasi sederhana seperti yoga atau meditasi.

  • Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya terus menerus merasa sedih yang berlangsung selama berbulan-bulan. Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya depresi mulai dari peristiwa dalam hidup yang menimbulkan stress, kehilangan orang yang dicintai, merasa kesepian, hingga memiliki kepribadian yang rapuh terhadap depresi.

Penanganan depres oleh dokter akan disesuaikan dengan tingkat keparahan depresinya yang diderita oleh masing-masing pasien. Bentuk penanganan bisa berupa terapi konsultasi, pemberian obat-obatan antidepresi atau kombinasi keduanya.

Gangguan kesehatan mental akan mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan seperti gangguan tidur, badan gemetar, otot tegang, sesak napas, lelah, sakit perut, sakit kepala (pusing), hipertensi, gangguan jantung, obesitas, diabetes, libio menurun, perubahan siklus menstruasi, dan gangguan kesehatan lainnya.

Adapun beberapa cara mengatasi gangguan kesehatan mental dengan melakukan terapi, diantaranya :

  • Terapi hilistic, yaitu terapi yang tidak hanya menggunakan obat dan ditunjukan kepada gangguan jiwanya saja, dalam arti lain terapi mengobati pasien secara menyeluruh.
  • Psikoterapi keagamaan, yaitu terapi diberikan dengan kembali mempelajari dan mengamalkan ajaran agama.
  • Farmakoterapi, yaitu terapi dengan menggunakan obat.
  • Terapi perilaku,yaitu terapi yang dimaksudkan agar pasien berubah baik sikap maupun perilakunya terhadap obyek atau situasi yang menakutkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait cara mengatasi gangguan kesehatan mental. Semoga bermanfaat bagi anda!

Tags: