Cara Mengatasi Dermatographia

Cara Mengatasi Dermatographia-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com situs resmi penyedia informasi seputar kesehatan, kecantikan dan cara mengatasi berbagai jenis penyakit. Adapun pada kesempatan ini, kami akan mengulas terkait penyakit Dermatographia, gejala dan penyebabnya. Lalu apakah itu Dermatographia ? Simak ulasanya berikut ini.

Cara Mengatasi Dermatographia , Penyebab dan Gejalanya

cara mengatasi dermatogtaphia

Dermatographia adalah penyakit kulit yang dikenal dengan istilah skin writing. Dermatographia adalah kondisi dimana saat kulit tergores halus, bekas goresan tersebut akan berubah menjadi kemerahan disertai dengan biduran yang timbul menyerupai bentuk goresan. Hal ini paling sering dialami oleh anak-anak dan dewasa terutama mereka yang menderita penyakit kulit seperti dermatitis.

Apa penyebab dermatographia ?

Meski belum diketahui secara pasti, namun diduga dermatographia disebabkan oleh reaksi alergi kulit seperti akibat adanya gesekan pakaian, saat kulit yang tergores akibat digaruk, infeksi tertentu, stress, dan konsumsi obat-obatan seperti penisilin atau saat berolahraga yang mengakibatjan gesekan berlebih pada kulit seperti gulat.

Adapun beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya dermatographia , diantaranya ;

  • Memiliki kulit kering
  • Memiliki riwayat penyakit kulit (dermatitis)
  • Berada dalam kelompokj dewasa
  • Sering mengalami goresan pada kulit
  • Memiliki penyakit tiroid tertentu
  • Memiliki kelainan saraf atau penyakit lain yang menyebabkan kulit menjadi gatal.

Apa saja ciri-ciri gejala dermatographia ?

Tanda-tanda dermatographia dapat dilihat saat kulit tergores. Kulit penderita dermatographia akan mengalami pembengkakan berbentuk garis seperti biduran yang terkadang bisa terasa gatal. Gejala tersebut akan hilang setelah 30 menit tanpa penanganan khusus.

Namun gejala dermatographia juga dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga bertauhun-tahun. Gejalanya juga dapat lebih buruk saat udara dingin atau panas, begitupun juga dengan udara kering atau air yang terlalu panas. Jika anda khawatir terhadap suatu gejala, sebaiknya segera carilah cara mengatasi dermatographia.

Cara mengatasi dermatographia

Dermatographia yang terjadi sementara, pada umumnya tidak dibutuhkan cara mengatasi dermatographia. Namun, pada dermatographia yang terjadi selama berbulan-bulan atau dalam waktu jangka panjang, cara mengatasi dermatographia sangat penting dilakukan.

Dokter akan meresepkan obat tertentu sebagai cara mengatasi dermatographia untuk mengurangi keluhan gatal dan kemerahan akibat peradangan dermatographia seperti antihistamin diantaranya diphenhydramine, fexofenadine atau cetirizine. Pada kasus yang lebih parah, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan fotorerapi.

Adapun beberapa pencegahan yang dapat dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat yang dilakukan seperti ;

  • Menghindari pakaian atau sprei yang dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit seperti bahan wol dan sintetik.
  • Menggunakan sabun tanpa bahan kimiawi
  • Mandi menggunakan air hangat
  • Menggunakan pelembap setiap hari
  • Menangani stress dengan cara berolahraga secara rutin dan rekreasi
  • Menghindari menggaruk kulit berlebihan.

Demikianlah cara mengatasi dermatographia secara alami, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda. Silahkan untuk share di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lain.

Tags: