Cara Mengatasi CTS (carpal tunnel syndrome)

Cara Mengatasi CTS (carpal tunnel syndrome) – www.jamuwalatra.com-, Selamat berkunjung kembali bersama kami di portal kesehatan yang selalu memberikan infiormasi terupdate. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengatasi CTS (carpal tunnel syndrome). Mari simak informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi CTS (carpal tunnel syndrome), Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengatasi CTS

CTS (carpal tunnel syndrome) adalah kondisi yang mempengaruhi pergelangan tangan dan tangan. Saraf yang mengontrol indra perasa dan pergerakan didalam pergelangan tangan dan tangan yang terkena carpal tunnel syndrome disebut saraf median. Saraf tersebut melintang melewati struktur pada pergelangan tangan yang berbentuk terowongan yang disebut dengan carpal tunnel (terowongan carpal).

Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk. Kondisi ini menyebabkan sensasi kesemutan, kebas, atau sakit yang menusuk seperti jarum suntik disepanjang pergelangan tangan sampai lengan atas.

Penyebab CTS (carpal tunnel syndrome)

carpal tunnel syndrome terjadi karena saraf median tertekan atau terhimpit. Adapun beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang menderita CTS seperti :

  • Faktor keturunan
  • Cedera pada pergelangan tangan
  • Kehamilan
  • Pekerja berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan seperti mengetik, menulis atau menjahit.
  • Kondisi medis lain seperti reumathoid arthritis dan diabetes.

Gejala CTS (carpal tunnel syndrome)

  • Nyeri, kesemutan, mati rasa di pergelangan tangan, tangan dan jari-jarinya.
  • Daya genggam lemah (menjatuhkan sesuatu)
  • Sering mengeluhkan rasa tidak nyaman pada lengan atas dan bahu
  • Rasa nyeri akan semakin intens jika tangan diputar atau digerakan

Gejalanya dapat terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus, tapi pada kebanyakan kasus CTS akhirnya akan mempengaruhi kedua tangan.

Cara Mengatasi CTS (carpal tunnel syndrome)

CTS (carpal tunnel syndrome) akan pulih dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan khusus. Anda juga dapat membalut pergelangan tangan dengan papan kecil untuk mengurangi gejala CTS yang ringan untuk meminimalisir gerakan tangan yang memicu penekanan saraf medianus.

Jika kurang efektif, maka dokter akan memberikan suntikan kortikosteroid pada daerah yang sakit untuk mengurangi peradangan pada saraf medianus.

Namun, jika keduanya tidak berhasil, prosedur operasi akan dilakukan dan menjadi pilihan pertama jika dokter mencurigai adanya tanda-tanda kerusakan saraf permanen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi cts.Semoga informasinya bermanfat bagi anda.

Tags: