Cara Mengatasi Cedera Hamstring

Cara Mengatasi Cedera Hamstring-, Terimakasih telah bergabung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com yang selalu memberikan informasi terkait kesehatan dan pengobatan herbal. Pada kesempatan ini kami akan mengulas terkait cara mengatasi cedera hamstring. Mari simak informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi Cedera Hamstring, Gejala dan Penyebabnya

cara mengatasi cedera hamstring

Cedera hamstring adalah kondisi saat otot hamstring tertarik atau robek pada otot hamstring. Menurut tahapanya ada 3 tingkat keparahan cedera hamstring berdasarkan otot yang terluka. Tahap 1 otot meregang dan adanya sobekan kecil, tahap 2 ada sebagian otot yang sobek, tahap 3 otot benar-benar sobek total dan memerlukan operasi.

Hamstring adalah otot besar yang berfungsi untuk menghubungkan otot dan tulang. Otot ini terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut. Jika otot ini merenggang diluar batas, maka cedera akan terjadi. Kondisi ini cukup umum dialami dalam aktivitas seperti menekuk lutut, berlari, melompat dan memanjat. Cedera hamstring juga terjadi secara tiba-tiba akibat gerakan yang mendasak atau sksplosif seperti berlari, menerjang atau melompat.

Apa penyebab cedera hamstring ?

Cedera hamstring disebabkan karena adanya tarikan otot yang melebihi kemampuan otot untum meregang saat melakukan aktivitas tertentu seperti berlari atau melompat. Adapun beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya cedera hamstring seperti :

  • Olahraga
  • Riwayat cedera hamstring
  • Kelenturan otot yang buruk
  • Perkembangan otot yang tidak seimbang

Apa tanda-tanda gejala cedera hamstring ?

Berikut ini gejala yang akan timbul saat anda mengalami cedera hamstring :

  • Nyeri kaki bagian belakang selama berolahraga
  • Kejang otot
  • Bengkak, memar dan nyeri
  • Rasa nyeri saat berjalan, membungkuku atau meluruskan kaki

Namun jika mengalami gejala hamstring yang parah, rasa nyeri yang muncul akan sangat menyakitkan hingga membuat penderitanya sulit berdiri bahkan berjalan.

Bagaimana cara mengatasi cedera hamstring ?

Sebagai cara mengatasi cedera hamstring, terlebih dahulu dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik untuk mengetahui nyeri dan pembengkakan pada paha yang cedera. Pemeriksaan tersebut melaui rontgen, USG, MRI untuk melihat robekan pada otot tersebut. Jika terdiagnosis mengalami cedera hamstring, berikut ini beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri, seperti :

  • Kompres kaki dengan es untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Lakukan setiap 2-3 jam sekali selama 20-30 menit.
  • Berikan tekanan dengan menggunakan perban elastis pada area cedera.
  • Letakan kaki diatas bantal saat duduk atau berbaring
  • Konsumsi obat pereda sakit seperti obat antiradang nonstroid (NSAID), ibuprofen dan acetaminophen. Namun sebaikna konsultasikan dulu ke dokter untuk menghindari resiko efek samping.
  • Jika cedera parah, pakailah alat bantu jalan yang mungkinn dibutuhkan.
  • Sebagai bagian dari proses penyembuhan, lakukanlah latihan peregangan dan penguatan otot.

Adapun beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu mencegah atau mengobati cedera hamstring adalah dengan melakukan peregangan dan latihan penguatan otot hamstring secara rutin, lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga dan lakukan peregangan setelahnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi cedera hamstring. Semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk masukan kritik dan saran anda pada kolom komentar. Salam sehat!

Tags: