Cara Mengatasi Candidiasis

Cara Mengatasi Candidiasis-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi penyedia informasi kesehatan dan cara mengatasi berbagai jenis penyakit. Adapun pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait candidias, gejala, penyebab dan cara mengatasi candidias. Apa itu candidias ?

Cara Mengatasi Candidias, Gejala dan Penyebabnya

cara mengatasi candidias

Candidias adalah penyakit infeksi jamur yang disebabkan oleh virus candidia albicans. Banyak mengkonsumsi obat-obatan dan kondisi kesehanat tertentu dapat menyebabkan candidias, terutama muncul di area tubuh yang hangat dan lembap seperti pada area mulut, kelamin, kulit, kuku dan darah.

Pada keadaan normal, kulit manusia ditempati bakteri dan jamur (fungi) yang tidak berbahaya untuk membantu kulit melakukan fungsinya. Namun, saat bakteri tersebut berkembangbiak tanpa terkontrol, maka akan menyebabkan infeksi. Candidias tidak membahayakan nyawa, namun dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun jika sudah masuk pada aliran darah, tandanya sudah pada tahap yang serius dan memerlukan pengobatan medis.

Kondisi ini dapat menjangkit semua orang, tak terkecuali juga pada anak-anak. Namun candidias sering mempengaruhi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah seperti orang hamil, bayi, pengidap diabetes, HIV atau AIDS.

Apa penyebab candidias ?

Candidias disebabka oleh bakteri candida akbicans yang tumbuh tidak terkendali hingga dapat menyebabkan infeksi. Adapun faktor yang dapat memicu terjadinya candidias seperti ;

  • Kulit yang lembap
  • Cuaca hangat
  • Sistem kekebalan tubuh lemah
  • Tidak menjaga kebersihan tubuh
  • Pakaian ketat
  • Penggunaan kortikosteroid yang mengganggu sistem imun
  • Penggunaan antibiotik yang dapat membunuh bakteri pada kulit yang berfungsi untuk menekan perkembangbiakan candida
  • Obesitas
  • Dan jarang mengganti pakaian dalam

Selain itu, ada faktor yang dapat memicu candidias seperti pada orang yang berusia lanjut, kekurangan zat besi, mengkonsumsi pil konstrasepsi yang mengandung estrogen tinggi, menjalani kemoterapi, menderita penyakit kulit seperti psoriasis dan menderirta gangguan kelenjar endorkin.

Apa tanda-tanda gejala candidias ?

Pada umumnya gejala candidias muncul ditandai dengan adanya ruam pada kulit. Namun terkadang gejalanya muncul berbeda-beda tergantung dari lokasinya. Berikut ini beberapa gejala yang muncul pada area tertentu, seperti;

  • Gejala pada kulit menunjukan kulit berwarna merah atau putih, gatal, perih dan meradang.
  • Gejala pada area genital seperti kemerahan dan gatal pada area vagina dan cairan vagina terlihat warna putih kental (keputihan) abnormal. Sedangkan pada pria menunjukan gejala seperti rasa sakit, gatal, perih pada ujung penis dan sakit saat berhubungan seks.
  • Gejala pada area mulut atau kerongkongan (trush) ditandai dengan bercak-bercak putih pada lidah dan mulut, gusi bengkak dan luka berwarna merah dan putih, dan kesulitan menelan.
  • Gejala pada aliran darah ditandai dengan demam menggigil.

Cara mengatasi candidias

Sebagai cara mengatasi candidias dengan tepat, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik, kultur kulit dan analisis urine untuk memeriksa keberadaan jamur. Pada kasus yang serius, ultrasound atau CT scan diperlukan untuk memeriksa otak, ginjal, liver dan limfa untuk melihat adanya luka candida.

Dokter akan meresepkan obat untuk mengobati infeksi jamur, tergantung pada jenis kulit. Obat yang direkomendasikan seperti nystatin, coltrimazole, fluconazole, itraconazole untuk mulut dan saluran pernafasan. dan Obat luar seperti nystatin, miconazole, coltrimazole, terconazole, ticonazole dan untuk mengobati candidias pada aliran darah seperti anidulafungin, caspofungin, micafungun atau amphotericin B.

Untuk mempercepat penyembuhan infeksi candida, anda juga harus melakukan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan gigi, hindari memakai pakaian yang ketat, hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi pada organ intim, menjaga organ intim tetap kering, khususnya setelah dibersihkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi candidias. Jika anda berkenan silahkan untuk share di media sosial anda supaya dapat menambah wawasan. Dan jangan lupa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Terimakasih telah menyimak.

Tags: