Cara Mengatasi Bulimia – Mengenal Gejala dan Faktor Risikonya

Cara Mengatasi Bulimia -, Bulimia merupakan sindrom dimana pengidap sangat terobsesi dengan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Sebaiknya anda jangan anggap remeh bulimia ini,karena akan mengakibatkan komplikasi yang serius bahkan akan berdampak fatal.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com , yang mana merupakan situs resmi dalam pemaparan masalah kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang cara mengatasi bulimia.

cara mengatasi bulimia

Cara Mengatasi Bulimia

Bulmia adalah gangguan pada pola makan yang berpontesi mengancam bagi jiwa. Penderita bulimia mempunyai kebiasaan sangat menjaga berat badan dengan cara tidak makan sama sekali atau bahkan mkan dengan porsi yang banyak,kemudian di muntahkan secara paksa atau memakai obat pencahar.

Bulimia ini sering terjadi pada remaja yang dalam masa pertumbuhan terutama pada perempuan yang sangat terobsesi dengan berat badan yang ideal.

Gejala Bulimia

Cara Mengatasi Bulimia -, Indikasi paling utama pengidap bulimia adalah pengidap akan mengonsumsi makanan dengan berlebihan,walaupun mereka tidak merasakan lapar. Hal seperti ini biasanya di picu oleh masalah emosional,misalnya stres atau depresi. Setelah itu penderita akan menyesal serta menbenci diri sendiri sehingga akan memaksa tubuh mengeluarkan semua asupan kalori yang telah masuk ke dalam tubuh. Cara yang di lakukan biasanya dengan memaksa untuk muntah atau memakai obat pencaharuntuk memicu buang air besar. Pengidap bulimia akan mengalami hal seperti ini lebih dari dua kali dalam seminggu selama tiga bulan minimal. Adapun gejala lain yang dapat menandakan terjadinya bulimia,yaitu :

  • Mereka akan sangat terpaku pada dua hal yaitu berat badan dan bentuk tubuhnya.
  • Mereka akan terus menerus berasumsi negatif terhadap bentuk tubuhnya.
  • Sangat takut gemuk atau kegemukan.
  • Lepas kendali dalam makan atau makan dengan porsi yang berlebihan.
  • Tidak mau jika makan di tempat umum atau di depan orang lain.
  • Bergegas pergi ke kamar mandi setelah selesai makan.
  • Sering memasukan jari ke kerongkongan agar bisa memuntahkan makanan yang telah di makan.
  • Mempunyai gusi serta gigi yang buruk.
  • Sering melakukan olahraga yang berlebihan.
  • Memakai obat pencahar setelah makan
  • Mengonsumsi suplemen untuk menurunkan berat badannya.

Penyebab Terjadinya Bulimia

Faktor penyebab utama bulimia memang belum di ketahui secra pasti,namun seseorang yang mengalami obesitas,deoresi,ataupun sangat terobsesi dengan penampilan yang maksimal memiliki resiko paling tinggi.

Komplikasi Bulimia

Cara Mengatasi Bulimia -, Apabila bulimia tidak segera mendapatkan penanganan maka akan berakibat fatal,seperti gigi akan rusak yang di akibatkan oleh asam lambung,pembengkakan kelenjar air liur yang mengakibatkan nyeri tenggorokan dan bau mulut.

Kurangnya asupan nutrisi yang di sebabkan oleh bulimia kan mengakibatkan dehidrasi,sulit hamil karena siklus haid tidfak teratur,kulit dan rambut keting,kuku rapuh,gagal ginjal,serta gagal jantung.

Di samping itu,penggunaan obat pencahar juga memiliki dampak negatif berupa kerusakan pada organ pencernaan dan menganggu keseimbangan kadar senyawa yang alami di dalam tubuh yang mengakibatkan mudah lelah,detak jantung tidak teratur,bahkan kejang.

Cara Mengatasi Bulimia

Dalam menangani bulimia ini bagian tersulit dan terpanting adalah membuat penderita sadar dengan kelainan yang dia alami. Kesadaran dari penderita amat di perlukan agar pengidap mempunyai keinginan untuk menyembuhkan serta bersedia untuk melakukan tahap pengobatan.

Penanganan yang paling utama dalah dengan melakukan terapi psikolog. Dengan melakukan terapi,pasiean akan di bantu agar bisa membangun sikap serta pemikran positif nya terhadap pola makannya. Melalui prosen ini pun dapat membantu terdeteksinya masalah emosional di balik bulimia. Terapi yang di jalani terdapat dua jenis yaitu terapi perilaku kogitif serta interpersonal.

Untuk mengurangi gejala biasanya pengunaan penghambar pelepasan selektif drotonin atau SSRI juga di kombinasikan dengan terapi,misalnya fluoxetine yang sering dipergunakan untuk menangani bulimia.

Dokter juga akan memantau perkembanagan kondisi serta reaksi tubuh pasien selama penggunaan obat anti depsresi ini. Akan tetapi obat ini tidak di anjurkan untuk pengidap bulimia di bawah umur 18 tahun,penderita epilepsi,memiliki riwayat penyakit jantung,hati serta ginjal. Namun apabila pengidap telah mengalami komplikasi yang serius,seharusnya menjalani perawatan di rumah sakit. Hal ini untuk mencegah akibat fatal dari komplikasi yang di alami serta menangani dorongan ingin mencelakai diri seperti bunuh diri.

Oleh karena itu agar pengidap dapat sembuh dari bulimia,mereka harus bisa mengubah pola makan,pola pemikiran negatif tentang makan,serta meningkatkan berat badan secra bertahap. Karena pengidap bulimia ini apabila semakin lama maka semakin sulit untuk di sembuhkan. Langkah penanganannya pun memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Cara Mengatasi Bulimia di Rumah

  • Mulailah dengan pola makan teratur dalam porsi yang normal
  • Mengurangi stres
  • Pastikan anda di kelilingi oleh orang yang selalu memberikan dukungan terhadap anda
  • Mencobalah terbuka dalam mengekspresikan perasaan anda pada keluarga serta terapis
  • Ikutilah terus saran dari dokter
  • Selalu beritahukan dokter tentang keluhan yang anda rasakan

Demikian pemaparan kami pada kesempatan kali ini tentang cara mengatasi bulimia,lengkap berikut gejala dan juga faktor risikonya. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai kesehatan.

Tags: