Cara Mengatasi Bibir Sumbing

Cara Mengatasi Bibir Sumbing – Selamat bergabung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com situs penyedia berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan penjualan obat herbal secara online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi bibir sumbing beserta penyebab dan gejalanya. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Cara Mengatasi Bibir Sumbing – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengatasi Bibir Sumbing

Bibir sumbing merupakan suatu kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bagian atas bibir. Celah yang terjadi bisa terdapat di bagian kanan, tengah atau bagian kiri bibir. Selain terjadi pada bibir bagian atas, sumbing juga dapat terjadi pada langit-langit mulut. Kondisi tersebut bisanya disebut dengan langit-langit sumbing.

Kondisi bibir sumbing dan langit-langit sumbing ini dapat terjadi dibibir atau langit-langit mulu bayi yang tidak menyatau sejak di dalam rahim sang ibu, sehingga akhirnya terbentuklah celah pada bibir.

Apa Saja Gejala Bibir Sumbing?

Pada umumnya kondisi bibir sumbing dan langit-langit sumbing dapat terlihat langsung saat bayi baru lahir, yang ditandai dengan:

  • Terdapat celah di bibir bagian atas atau di langit-langit mulut yang bisa berdampak pada salah satu atau kedua sisi wajah.
  • Ada celah pada langit-langit mulut yang tidak mempengaruhi tampilan wajah.
  • Terdapat celah di bibir yang biasanya terlihat seperti sobekan kecil atau bisa juga sobekan memanjang dari bibir ke gusi atas dan pada langit-langit mulut hingga ke bawah hidung.

Pada dasarnya anak yang mengalami langit-langit sumbing akan cenderung mengalami infeksi telinga berulang dan akumulasi cairan pada telinga. Hal tersebut dikarenakan otot pada langit-langit terhubung dengan telinga bagian tengah. Sehingga jika otot tersebut tidak berfungsi dengan benar, cairan akan terkumpul di dalam telinga dan dapat menyebabkan pendengaran menurun.

Terdapat juga jenis sumbing yang umumnya sangat jarang terjadi, yakni sumbing submukosa. Sumbing ini umumnya hanya terdapat pada bagian langit-langit mulut yang lunak dan ditutupi lapisan mulut. Pada umumnya jenis sumbing ini tidak dapat terlihat saat lahir, adapaun tanda-tanda dari sumbing jenis ini yaitu:

  • Terjadi infeksi telinga kronis
  • Kesulitan dalam menerima asupan makanan
  • Suara sengau
  • Kesulitan dalam menelan makanan(makanan dan minuman yang dikonsumsi umumnya dapat dikeluarkan kembali lewat hidung).

Apa Saja Penyebab Bibir Sumbing?

Pada dasarnya penyebab dari bibir sumbing dan langit-langit sumbing ini belum dapat diketahui secara pasti. Namun para ahli sangat percaya bahwa kondisi ini dapat terjadi akibat adanya kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya risiko pasangan memiliki bayi yang terlahir sumbing, diantaranya:

  • Diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, mereka menyebutkan bahwa wanita yang didiagnosa menderita diabetes sebelum masa kehamilan sangat beresiko tinggi melahirkan bayi dengan bibir sumbing.
  • Genetik. Pada dasarnya bayi yang terlahir dari orang tua yang mengalami bibir sumbing dan langit-langit sumbing atau memiliki saudara dengan keadaan tersebut, maka bayi yang lahir pun akan sangat beresiko mengalami kondisi yang sama.
  • Obesitas selama masa kehamilan. Bayi yang terlahir dari ibu yang mederita obesitas sangat beresiko terlahir dengan bibir sumbing atau langit-langit sumbing.
  • Gender. Bayi laki-laki umumnya memiliki resiko yang tinggi mengalami kondisi ini dibandingkan dengan bayi perempuan. Pada bayi laki-laki, kondisi bibir sumbing biasanya terjadi dengan atau tanpa disertai langit-langit sumbing. Sedangkan untuk kondisi langit-langit sumbing tanpa disertai dengan bibir sumbing sangat umumm terjadi pada perempuan.
  • Terdapat paparan zat tertentu selama masa kehamilan. Ibu yang merokok dan mengkonsumsi kehamilan pada saat hamil sangat beresiko melahirkan bayi dengan kondisi bibir sumbing dan langit-langit sumbing.
  • Kurangnya asupan asam folat saat masa kehamilan.

Diagnosis Bibir Sumbing

Kondisi bibir sumbing ini dapat diketahui melalui pemeriksaan USG kehamilan pada minggu ke 18 hingga minguu ke 21 kehamilan. Jikapun tidak terdeteksi oleh pemeriksaan tersebut, bibir sumbing akan terlihat pada saat bayi terlahir kedunia atau lewat pemeriksaan fisik pasa 72 jam pertama sejak bayi terlahir.

Cara Mengatasi Bibir Sumbing

Salah satu cara mengatasi bibir sumbing adalah dengan melakukan pembedahan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan anak untuk makan dan minum, agar dapat berbicara dengan normal, memiliki penampilan wajah yang normal, serta dapat mendengar dengan normal. Berikut adalah beberapa prosedur pembedahan yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Operasi Perbaikan Bibir

Cara mengatasi bibir sumbing yang pertama adalah dengan melakukan perbaikan bibir. Dokter akan melakukan langkah pertama ketika bayi tersebut usianya sudah lebih dari 1 bulan hingga bayi berusia 4 bulan. Operasi akan dilakukan jika bayi telah memenuhi beberapa standar salah satunya yaitu berat badan minimum bayi.

Pada operasi ini, dokter akan membuat sayatan pada kedua sisi celah dan menutup jaringan tersebut. Selanjutnya dokter akan menjahit secara bersama-sama hingga penampilan bibir dan fungsinya akan terlihat normal kembali.

  • Operasi Perbaikan Celah Langit

Cara mengatasi bibir sumbing yang selanjutnya adalah dengan melakukan operasi perbaikan celah langit. Operasi ini dilakukan pada bayi yang berusia 5 bulan hingga 15 bulan. Atap mulut yang semula terbuaka akan kembali di tutup oleh dokter dengan cara membuatan sayatan di kedua sisi bibir sumbing. Dokter juga akan memperbaiki posisi jaringan dan kemudiaan akan menjahitnya. Perbaikan celah langit yang dilakukan ini akan sangat mendukung fungsi mulut agar dapt berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Terapi Bicara

Pada umunya anak dengan bibir sumbing akan mengalami kendala dalam berbicara. Terapi bicara ini bertujuan agar anak dapat berbicara dengan normal. Dokter akan memberikan pengarahan mengenai terapi bicara yang dapat dilakukan orang tua. Orang tua harus sabar dan aktif dalam melakukan terapi ini kepada anak agar anak dapat memiliki kemampuan bicara yang baik.

  • Operasi Selang Telinga

Merupakan operasi lanjutan yang akan dilakukan oleh dokter untuk menghindari adanya dampak yang lebih buruk dari kondisi bibir sumbing. Tindakan ini akan dilakukan dokter pada anak-anak yang memiliki kondisi bibir sumbing dengan celah langit-langit dimulut.

Pada operasi ini, dokter akan menempatkan sebuah silinder kecil pada gendang telinga anak, hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan di telinga. Operasi ini bertujuan untuk menghindari anak dari resiko sakit pada telinga dan infeksi telinga.

  • Operasi Pemasangan Tabung Telinga

Dokter akan melakukan operasi pemasangan tabung telinga pada anak-anak dengan langit sumbing, tabung telinga ini akan dipasang saat anak usia 6 bulan. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi risiko penurunan pendengaran , operasi ini dapat dilakukan bersamaan dengan operasi bibir sumbing atau dengan operasi langit-langit sumbing.

Komplikasi Bibir Sumbing

Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada bayi dengan bibir sumbing, antara lain:

  • Mengalami kesulitan saat menghisap ASI
  • Adanya masalah pada pertumbuhan gigi. Jika belahan meluas hingga pada bagian gusi atas, maka pertumbuhan gigi bayi akan terganggu.
  • Gangguan pendengaran. Penumpukan cairan dalam telinga dan infeksi telinga yang berulang akibat kondisi ini sangat beresiko menimbulkan gangguan pendengaran pada penderitanya.
  • Kesulitan dalam berkomunikasi.

Dan berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi komplikasi yang terjdi akibat bibir sumbing, diantaranya:

  • Menjalani terapi bicara untuk memperbaiki kesulitan berbicara
  • Lakukan pengobatan untuk infeksi telinga
    Gunakan alat bantu dengan untuk anak yang kehilangan pendengarannya
  • Gunakan botol khusus atau alat lainnya untuk memberikan makan pada anak
  • Pengobatan ortodontik, misalnya pemasangan kawat gigi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi bibir sumbing beserta penyebab dan gejalanya. Semoga infromasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tags: